Ayo, Bawa Bekal Sendiri untuk Mudik!

By dedeayu, Senin, 13 Juli 2015 | 17:00 WIB
Ayo, Bawa Bekal Sendiri untuk Mudik! (dedeayu)

      Mudik adalah salah satu momen yang ditunggu-tunggu saat Lebaran. Tapi, perjalanan mudik biasanya memakan waktu lama, terutama kalau lewat jalur darat. Kita pun dituntut mempersiapkan segala sesuatunya dengan lengkap, termasuk bekal diperjalanan. Bukan hanya makanan dan minuman ringan, tapi juga makanan berat. Daripada pas kelaparan dan kehausan bingung nyari tempat makan di tengah jalan, lebih baik bawa bekal sendiri untuk mudik.      Caranya?

  1. Kalau kita hendak membawa bekal berupa nasi dalam bungkusan/ tempat, nasi harus didinginkan dulu sebelum dibungkus. Sebab kalau nasi dibungkus dalam keadaan panas, nanti jadi cepat basi.
  2. Untuk teman makan nasi sebaiknya bawa sayur dan lauk pauk yang dipanggang, direbus, atau dikukus. Atau, kalau malas membawa nasi lengkap dengan sayur dan lauk pauknya, kita  bisa menggantinya dengan roti, lemper, arem-arem, dan lontong.
  3. Selain sayur dan lauk pauk yang dipanggang, direbus, dan dikukus, membawa bekal buah-buahan juga sangat dianjurkan. Sebab, buah-buahan bisa menjaga kondisi badan tubuh selalu fit selama perjalanan.
  4. Jangan membawa bekal lauk pauk atau cemilan yang digoreng. Sebab, kandungan lemak di dalamnya membuat metabolism tubuh jadi lambat, sehingga makanan susah dicerna. Lagipula, makanan yang digoreng memicu rasa haus berlebih. Dan, kalau tubuh kurang fit, gorengan bisa membuat kita gampang kena sakit tenggorokan. 
  5. Kalau membawa bekal makanan dengan kadar protein tinggi atau berkadar air tinggi, pastikan makanan tersebut dikonsumsi tidak lebih dari 4 jam, untuk menghindari makanan tidak segar lagi.
  6. Makanan pedas memang enak dan bisa membantu mengugah selera. Tapi selama perjalanan mudik makanan pedas dan bersantan harus dihindari, karena bisa menyebabkan gangguan pencernaan.
  7. Hindari juga minuman manis, baik yang bersoda maupun tidak. Minuman manis akan memicu kenaikan gula darah dengan cepat. Akibatnya, kita jadi gampang lelah dan ngantuk. Lebih baik minum air putih saja.
  8. Terakhir, sebisa mungkin jangan membawa cemilan keripik. Biasanya keripik memiliki kadar garam yang tinggi, sehingga bisa memicu kenaikan tekanan darah. Selain itu, keripik juga mengandung banyak kalori.

      Bagimana? Tidak susah bukan bawa bekal sendiri untuk mudik? Selamat mencoba dan selamat mudik bareng keluarga!