5 Makanan dengan Kandungan Lemak Sehat

By cakkris, Senin, 13 Juli 2015 | 17:00 WIB
5 Makanan dengan Kandungan Lemak Sehat (cakkris)

Banyak orang yang merasa khawatir saat akan mengonsumsi makanan berlemak. Efek buruknya bagi kesehatan seringkali membuat zat gizi ini ditinggalkan, bahkan dijauhi. Padahal, setiap hari tubuh tetap membutuhkan asupan lemak. Tentu saja, Anda perlu memilih jenis lemak baik untuk dikonsumsi agar mendapatkan manfaatnya.

Lemak baik yang ada di dalam makanan dikenal dengan nama lemak tak jenuh. lemak jenis ini dibagi menjadi dua, yaitu lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat) dan lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fat). Lemak yang sehat ini bekerja untuk mengurangi risiko terkena serangan jantung, meningkatkan antibodi tubuh dan membantu menurunkan kolesterol. Hal yang perlu Anda perhatikan sekarang adalah bagaimana mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat bagi tubuh.  Beberapa sumber makanan berikut mengandung lemak sehat yang baik untuk dikonsumsi.

1. Avokad

Avokad menyediakan jenis lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Sebuah studi dari Canadian Medical Association Journal, tahun 2011, mengungkapkan bahwa mengonsumsi avokad dapat memberikan lemak HDL sekaligus  mengurangi kadar LDL pada tubuh. Lemak nabati dan tak jenuh bermanfaat untuk mencegah stroke, gangguan jantung, darah tinggi dan kanker. Selain itu, kandungan lemak tak jenuh avokad sangat mudah dicerna dan diolah tubuh sehingga bermanfaat secara maksimal.

2. Ikan

Tidak semua ikan memiliki kandungan lemak yang baik bagi tubuh. Namun jenis ikan seperti salmon dan tuna memiliki sumber lemak yang baik. Ikan ini memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang cukup tinggi. Jenis lemak tak jenuh ini bermanfaat untuk membantu mengontrol tekanan darah dan mengurangi pembekuan darah.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah sebagai sumber lemak sehat. Satu ons kacang almond mengandung lebih dari 15 gram lemak sehat, sembilan gram lemak tak jenuh tunggal dan 3,5 lemak tak jenuh ganda. Selain itu, kacang walnut juga mengandung lemak tak jenuh ganda dan omega 3 yang cukup tinggi.

4. Minyak zaitun

Selain mengandung antioksidan, minyak ini mengandung jenis lemak seperti asam oleat dan asam palmitoleat yang membantu melancarkan sistem peredaran darah dan menurunkan kolesterol jahat. Sebuah penelitian yang dipublish pada Journal Circulation, Amerika Serikat pada tahun 2014 mengatakan lemak dalam minyak ini mampu mengontrol metabolisme tubuh sehingga bisa mencegah terjadinya gangguan jantung.

5. Chia Seeds

Sumber lemak sehat lainnya yang baik bagi tubuh adalah Chia Seed karena kandungan omega 3 yang tinggi bagi tubuh. Setiap Anda mengonsumsi 28 gram chia seed, berarti membuat Anda mendapattkan 5 gram kandungan  omega 3 bagi kesehatan jantung dan otak tubuh Anda.

Sumber: 1health.id