11 Sayuran yang Tidak Boleh Dilewatkan

By cakkris, Senin, 20 Juli 2015 | 17:00 WIB
11 Sayuran yang Tidak Boleh Dilewatkan (cakkris)

      Sayur-sayuran merupakan satu jenis makanan yang tidak boleh dilewatkan setiap harinya. Kandungan gizinya yang banyak dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian kita. Berbagai penyakit pun dapat dihindari dengan rutin mengonsumsi sayuran. Sebab, setiap sayuran memiliki kandungan gizi yang berbeda-beda. Karena itulah sayuran sering disebut sebagai superfood. Berikut ini 11 sayuran yang tidak boleh dilewatkan.

      Brokoli memiliki kandungan gizi yang sangat menakjubkan. Sayuran hijau yang satu ini kaya akan serat, kalium, vitamin C, A dan B6. Brokoli juga mengandung kalsium yang sangat tinggi. Kandungan kalsium pada semangkuk brokoli bahkan lebih banyak daripada kandungan kalsium dalam segelas susu. Brokoli juga mengandung magnesium yang berfungsi untuk meningkatkan daya ingat. Selain itu semua, brokoli juga mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas perusak sel imunitas tubuh. Berbagai kandungan gizi tersebut di atas dapat Anda nikmati bila memasaknya tidak terlalu lama.

      Sawi hijau mengandung banyak vitamin K yang dapat memenuhi kebutuhan harian Anda. Vitamin K dapat bermanfaat untuk menguatkan tulang Anda. Serat juga banyak terkandung dalam sawi hijau sehingga dapat mencegah sembelit atau konstipasi. Selain itu sawi hijau juga mengandung fosfor, zat besi, vitamin A, B1 dan C. Sama seperti brokoli, sawi hijau juga mengandung banyak kalsium.

      Kembang kol mengandung kalium, folat dan vitaminA, B, dan C. Folat sangat baik untuk kesehatan janin dalam kandungan. Kembang kol juga mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Selain itu ada kalsium juga yang baik untuk kesehatan tulang.

      Daun brokoli memiliki kandungan gizi yang tidak kalah menakjubkan dari brokoli. Bila Anda tidak terlalu menyukai brokoli, Anda bisa mengonsumsi daun brokoli. Daun brokoli mengandung vitamin C, K, dan A. Satu sampai dua lembar daun brokoli bahkan dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda. Daun brokoli juga mengandung kalium dan folat. Daun brokoli sangat bermanfaat untuk detoksifikasi mengeluarkan racun dari dalam tubuh sehingga dapat mengurangi risiko berbagai macam penyakit.

      Seledri bukan hanya dapat menambah aroma pada masakan, seledri juga mengandung banyak kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Seledri kaya akan vitamin A, zat besi dan kalium. Berbeda dengan sayuran lain yang akan hilang vitaminnya bila dimasak terlalu matang, 80 persen kandungan vitamin dalam seledri akan tetap utuh. Seledri juga dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah pembentukan batu empedu serta menjaga fungsi ginjal.

      Bayam yang dikenal dengan sayuran hijau ini, mengandung banyak kalsium. Selain itu juga mengandung zat besi, magnesium dan kalium. Vitamin A dan folat juga terdapat dalam bayam. Kandungan vitamin A pada bayam tentu sangat berguna bagi kesehatan mata Anda. Sayuran hijau yang identik dengan tokoh kartun popeye ini juga mengandung flavonoid yang dapat mencegah kanker.

      Wortel sangat kaya akan vitamin A. Mengonsumsinya secara teratur bahkan dapat mengurangi minus pada mata Anda. Wortel juga mengandung vitamin C dan zat besi. Wortel sangat baik dalam menjaga kesehatan mata juga dikarenakan oleh kandungan beta karoten dan alpha karoten yang akan diubah menjadi bentuk aktif vitamin A.

      Terong mengandung anthocyanin dan proanthocyanin yang mampu mengoptimalkan fungsi otak dan antioksidan untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan air dalam terong juga dapat menjaga kelembaban kulit. Terong juga mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

      Daun kacang panjang juga termasuk salah satu jenis sayuran yang kaya akan gizi. Ia mengandung protein, kalsium, fosfor dan zat besi. Sementara beberapa vitamin yang terdapat didalamnya adalah vitamin A, B1, dan C. 

      Selada, sayuran yang sering dijadikan lalapan ini kaya akan vitamin A dan beta karoten yang baik untuk kesehatan mata. Selada dapat mencegah penuaan dini karena mengandung zeaxanthin. Flavonoid dalam selada juga mampu mencegah berbagai jenis kanker. Si hijau yang satu ini juga mengandung vitamin K yang baik untuk kesehatan tulang. Dan yang menakjubkan adalah selada segar kaya akan vitamin C dan folat. Selain baik untuk kesehatan janin, folat juga dapat meningkatkan kesehatan reproduksi baik bagi pria maupun wanita.

      Daun katuk selain baik untuk meningkatkan produksi ASI, ia juga mengandung banyak zat gizi yang baik untuk kesehatan. Diantaranya adalah vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Daun katuk juga mengandung fitokimia yang mampu meningkatkan kesuburan pria. Kandungan kalsium dalam daun katuk juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang.

      Tomat kaya akan vitamin A dan C. Selain itu tomat juga kaya akan antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Tomat juga dapat mengontrol tekanan gula darah Anda. Kolin dalam tomat juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat.

Sumber: 1health.id