Makanan Penyebab Kanker

By cakkris, Rabu, 29 Juli 2015 | 17:00 WIB
Makanan Penyebab Kanker (cakkris)

Tanpa kita sadari dalam kehidupan sehari-hari kita terpapar oleh banyak zat karsinogen atau zat menyebabkan kanker. Zat ini dapat mengubah sel di dalam tubuh menjadi sel ganas yang membahayakan. Kanker merupakan salah satu penyakit degeneratif yang juga disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Ada banyak sekali sumber karsinogen yang dapat Anda temui sehari-hari, termasuk di dalam makanan, polusi udara dan asap rokok.

Pada makanan, zat karsinogen biasanya terdapat dalam makanan yang banyak mengandung banyak lemak dan makanan yang berpengawet, seperti:

Makanan yang dibakar

Beberapa makanan yang biasanya diolah dengan dibakar perlu Anda waspadai. Pasalnya, pembakaran makanan khususnya pada daging sapi, kambing, ayam atau ikan akan mengakibatkan bagian tertentu hangus. Bagian yang hangus tersebut mengandung zat karbon, yang termasuk ke dalam zat karsinogenik. Untuk menghindarinya, Anda bisa menghilangkan bagian hangus tersebut sebelum dikonsumsi.

Makanan berpengawet

Bahan pengawet sudah diketahui sangat tidak baik bagi kesehatan. Salah satunya adalah karena mengandung zat karsinogen penyebab kanker. Contoh bahan pengawet yang sering ditemui antara lain formaldehida atau formalin yang biasa digunakan untuk mengawetkan baso atau tahu, zat pewarna tekstil yang biasa digunakan untuk kerupuk, tahu dan sirup. Zat-zat tersebut dicurigai dapat menyebabkan kanker hati.

Makanan olahan

Daging atau makanan olahan lainnya mengandung nitrat dengan jumlah tinggi. Di dalam tubuh, nitrat akan diubah menjadi nitrosamin, yang merupakan salah satu zat karsinogenik. Agar Anda tak terpapar oleh zat karsinogenik dari makanan olahan, usahakan untuk lebih sering mengonsumsi makanan segar.

Krakers

Krakers terbuat dari tepung putih, mengandung tinggi gula dan kaya akan transfat. Krakers dibuat dengan cara dipanggang dengan suhu tinggi, sehingga mereka juga mengandung akrilamida, yang juga merupakan bagian dari zat karsinogen.

Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng dengan suhu panas akan membuat minyak menjadi zat karsinogen. Kebiasaan untuk tidak mengonsumsi gorengan tentu akan sangat sulit. Anda bisa menyiasati dengan pengolahan lain misalnya direbus, tim atau dikukus.

Meski banyak makanan yang mengandung zat karsinogen, penyebab kanker, Anda tidak perlu khawatir. Terdapat juga makanan yang dapat melawan zat karsinogen. Makanan-makanan tersebut memiliki kandungan zat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan sel kanker. Selain itu, untuk mencegah kanker, Anda juga memerlukan daya tahan tubuh yang kuat. Hal ini bisa Anda dapatkan dengan memulai gaya hidup sehat, mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga.

Sumber: 1health.id