MANFAAT BUAH DAN SAYUR (1)

By retno, Rabu, 29 Juli 2015 | 17:00 WIB
MANFAAT BUAH DAN SAYUR (1) (retno)

Tak lengkap rasanya jika kita tak mengonsumsi buah dan sayur untuk memenuhi kebutuhan gizi kita sehari-hari. Manfaatnya yang tinggi tak harus dengan harga yang tinggi pula kita mendapatkanya. Buah dan sayur apa sajakan itu? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Daun selada seringkali tidak dianggap sebagai makanan yang menyehatkan padahal kale, salah satu jenis selada  yang bisa digunakan untuk melawan  kanker karena sarat  serat dan antioksidan. Kale  juga kaya vitamin K, yang membantu pembekuan darah dan pertumbuhan sel. Kale bisa kita santap dalam jumlah banyak di dalam salad, misalnya. Nah, ayo santap kale sesering mungkin. 

Labu adalah sayuran rendah kalori yang tinggi serat dan vitamin A.  Warna oranyenya  datang dari kandungan  beta karoten yang membantu mencegah penyakit jantung.  Labu kuning mudah diolah. Dalam lodeh dan sayur bening pun sudah enak.

Apel tinggi serat, khususnya serat  larut yang disebut pectin. Nah,  ini membantu Anda menurunkan LDL dan kolesterol jahat. Banyak senyawa menguntungkan  yang terkandung dalam kulit, termasuk fitokemikal  yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Apel enak dimakan dan bisa dimakan sesering mungkin, tanpa mengenyangkan. Karena itu tak sulit banyak menyantap apel.

Pisang tinggi kalium yang membantu mengatur tekanan darah dan sangat penting untuk fungsi  sistem otot dan pencernaan. Pisang juga tinggi serat hingga  membuat Anda kenyang lebih lama.  Pisang tak harus disantap begitu saja. Dibuat jus bersama yogurt  juga enak. Bahkan banyak orang yang menyantapnya bersama peanut butter.Bicara soal kalium tinggi,  ubi jalar juga tinggi kadar kaliumnya yang membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke. Jika menyantapnya bersama kulit, Anda mendapat tambahan serat juga.

Bit sumber asam folat, yang membantu metabolisme asam amino dan penting bagi wanita hamil. Pigmen merahnya juga bisa melawan kanker dan menurunkan risiko penyakit jantung. Sajikan di dalam salad pasti lezat.

Terong  ungu mengandung vitamin B dan banyak serat  yang memberikan semua energi yang Anda butuhkan. Warna ungunya menunjukkan terong mengandung antioksidan kuat untuk  menjaga kesehatan otak dan  mengontrol kadar lipid.