Mari Mengenal Crumpet

By retno, Kamis, 30 Juli 2015 | 17:00 WIB
Mari Mengenal Crumpet (retno)

Mungkin sebagian dari Anda baru merasa baru mendengar nya. Tetapi secara tak sadar pasti sudah pernah mencicipi crumpets. Kue ini sebetulnya pancake. Hanya pancake orang Inggris. Jadi tak lain dadar yang dibuat tebal dan padat. Ukurannya biasanya sekitar 8 cm dengan ketebalan 2 cm. Permukaannya rata di bagian bawah yang menempel pada wajan. Bagian sebaliknya berpori-pori kecil. Tekstur crumpet yang asli kenyal dan padat.

Tektur yang padat ini didapat dari penggunaan cairan yang tidak terlalu banyak dibanding airnya. Karena kita tak terlalu suka kue yang padat, maka cairannya boleh ditambahkan agar tekstur kue jadi lebih lembut.

Bahan yang penting lagi adalah ragi. Bahan ini yang membedakan crumpet dengan pancake. Pembuatan pancake atau dadar Amerika ini lebih sederhana dan cepat karena tanpa proses pendiaman/fermentasi.  Tetapi karena proses fermentasi inilah, adonan yang padat tadi, tidak membuat kue jadi keras. Meski lewat fermentasi, toh, serat pada crumpet berbeda dengan roti. Karena ada peran baking soda, yang di resep ini diganti dengan baking powder. Baking powder menciptakan gelembung pada adonan yang artinya membuat kue jadi mengembang sempurna.

Cara menghidangan crumpet yang paling sederhana adalah bersama mentega dan selai. Tentu dilengkapi teh atau kopi. Tetapi tidak salah juga kalau kita mau mengombinasikannya bersama salad, daging panggang, atau bahan lainnya sesuai selera kita. Bahkan disajikan sebagai kudapan pun, boleh, kok.Selamat membuat.