Memilih Minuman Sehat untuk Tubuh

By dedeayu, Minggu, 9 Agustus 2015 | 17:00 WIB
Memilih Minuman Sehat untuk Tubuh (dedeayu)

      SajianSedap.com - Selain makan, minum juga merupakan kebutuhan primer. Dan, sebagaimana layaknya makanan yang memiliki banyak pilihan, minuman pun demikian. Selain air putih yang bisa kita masak sendiri di rumah, di pasaran ada banyak pilihan minuman yang bisa kita pilih. Namun tentu tidak semua jenis minuman itu tepat untuk tubuh. Sehingga, kita harus bijak memilih minuman sehat untuk tubuh. 

      Beberapa jenis minuman yang sering ditemui antara lain air mineral, isotonik, dan minuman berenergi. Supaya tidak salah pilih, kita perlu tahu kandungan dan manfaat masing-masing minuman bagi tubuh.

Air Mineral      Air mineral tidak mengandung kalori dan bebas lemak, tapi memiliki berbagai kandungan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Misalnya kandungan kalsium yang penting untuk menjaga kesehatan tulang, magnesium yang dapat menjaga tekanan darah tetap normal dan melemaskan otot, serta kalium yang bekerja bersama magnesium membantu fungsi kerja jantung. Dalam sehari, kita disarankan untuk minum sebanyak 8 gelas untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Nah, dibandingkan air putih biasa, air mineral lebih baik utnuk dikonsumsi.

Minuman Isotonik      Minuman isotonik banyak ditemui di pasaran dengan berbagai merek, warna, dan ukuran. Di dalam minuman isotonik terdapat karbohidrat dalam bentuk gula yang bisa menambah asupan kalori dalam tubuh. Minuman ini bisa memberikan manfaat bila dikonsumsi oleh orang yang memiliki aktivitas fisik yang tinggi, dalam waktu lebih dari satu jam. Sebab minuman ini bisa menggantikan kalori yang terbuang saat beraktivitas.

      Minuman isotonik juga mengandung elektrolit yang dapat menggantikan elektrolit dalam tubuh yang terbuang melalui keringat. Tapim kalau kita tidak memiliki aktivitas fisik yang cukup berat, maka meminum minuman ini sama saja menambahkan kalori ke dalam tubuh. Dan, bila dikonsumsi berlebihan bisa menimbulkan penyakit seperti obesitas dan diabetes tipe 2.

Minuman Berenergi      Sama seperti isotonik, minuman berenergi mengandung karbohidrat (gula) yang tinggi. Selain itu, minuman berenergi juga mengandung banyak kafein yang setara dengan satu sampai tiga cangkir kopi. Beberapa jenis minuman ini juga mengandung taurin, yang memiliki efek yang sama dengan kafein.

      Minuman ini memang disebut-sebut dapat meningkatkan tenaga, namun minuman ini tidak baik bila dikonsumsi secara teratur. Beberapa efek buruk yang bisa terjadi bila terlalu banyak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein antara lain membuat jantung berdetak lebih cepat, tekanan darah tinggi, gangguan tidur, gelisah, halusinasi, sampai kejang. Sumber: 1health.id