Tips Membuat Dashi

By dedeayu, Jumat, 14 Agustus 2015 | 17:00 WIB
Tips Membuat Dashi (dedeayu)

      SajianSedap.com - Dashi di Jepang berfungsi sebagai penyedap rasa. Biasanya dashi digunakan pada makanan yang direbus juga dikukus. Ada dua jenis dashi yang terkenal dan paling sering digunakan, yaitu: dashi yang terbuat dari kombu (gangga laut/ rumput laut dari spesies Laminaria Japonica) dan dashi yang terbuat dari katshuobushi (ikan cakalang (Katsuo) yang sudah dikeringkan dan diserut seperti serutan kayu).

      Cara membuat dashi sebenarnya sangat simpel. Dan, meski berbahan dasar kombu atau katshuobushi, dalam proses pembuatannya dashi juga bisa dicampur berbagai bahan lainnya untuk menambah cita rasa. Bahan lain yang biasanya dicampur ke dalam dashi adalah soyu atau kecap asin Jepang, dan miso atau pasta Jepang yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai. Namun, jika tidak ingin dashi yang dihasilkan menjadi berwarna, biasa cukup diberi garam saja.

      Selain soyu dan miso, untuk menambah rasa gurih biasa digunakan juga mirin atau sake manis. Mirin ini selain menambah rasa gurih, juga berfungsi untuk menguatkan rasa daripada kaldu tersebut. Sehingga, dashi yang dihasilkan benar-benar kaya akan cita rasa.

      So, tertarik untuk membuat dashi sendiri? Chef Shuici Osawa berbagi tipsnya saat memperkenalkan kuliner Jepang bersama Kedutaan Besar Jepang, di Universitas Binus, Palmerah, Jakarta, Selasa (11/8) lalu:

•    Siapkan kombu atau katshuobushi secukupnya.•    Siapkan panci yang sudah diisi air secukupnya.•    Masukkan kombu atau katshuobushi ke dalam panci, rendam selama 10 jam.•    Setelah 10 jam, taruh panci di atas kompor berapi kecil dan mulai merebus. •    Rebus hingga setengah mendidih, lalu masukkan bahan-bahan tambahan seperti soyu dan miso atau garam, juga mirin.•    Rebus kembali hingga matang.      

      Bagaimana, mudah bukan membuat dashi sendiri? (MM/ SAA)

FOTO: SAJIANSEDAP/ MICHELLE