Kacang Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

By dedeayu, Minggu, 16 Agustus 2015 | 17:00 WIB
Kacang Menurunkan Risiko Penyakit Jantung (dedeayu)

      SajianSedap.com - Salah satu penyebab kematian terbesar di dunia adalah penyakit jantung. Di Indonesia sendiri jantung menyebabkan kematian sekitar 35 persen orang. Penyakit jantung ini sangat erat kaitannya dengan gaya hidup dan pola makan. Itu sebabnya kita harus mulai bergaya hidup sehat dengan rajin berolahraga serta istirahat teratur, juga memerhatikan apa saja yang kita makan.

      Sebuah penelitian terbaru yang dilansir JAMA Internal Medicine menemukan bahwa konsumsi kacang menurunkan risiko penyakit jantung. Berdasarkan hasil penelitian itu, Assosiasi Jantung Amerika (AHA) merekomendasikan untuk mengonsumsi setidaknya empat porsi kacang tanpa garam dan tanpa minyak, per minggu. Dengan mengonsumsi kacang secara teratur, maka risiko terjadinya penyakit jantung akan berkurang sebanyak 17 hingga 21 persen.

      Wah, jadi penasaran! Sebenarnya apa saja, sih, zat gizi yang dikandung oleh kacang? Kok, bisa kacang menurunkan risiko penyakit jantung?

Lemak Tak Jenuh

      Ini adalah jenis lemak yang baik bagi tubuh. Lemak tak jenuh tunggal maupun ganda dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol diketahui sebagai penyebab utama terjadinya serangan jantung.

Omega 3      Hampir semua kacang mengandung protein nabati yang kaya akan Omega 3. Omega 3 dapat membantu menstabilkan detak jantung. 

Serat      Semua jenis kacang-kacangan mengandung serat, yang juga dapat menurunkan kadar kolesterol. Selain dapat menurunkan risiko penyakit jantung, serat juga dapat melindungi kita dari penyakit diabetes.

Vitamin E      Vitamin E dapat menghentikan perkembangan plak dalam pembuluh darah arteri, yang dapat membuat pembuluh darah arteri menjadi sempit. Plak dalam arteri adalah sumber nyeri di dada dan penyakit jantung koroner.

Sumber: 1health.id