Sumber Protein Tinggi untuk Anak

By dedeayu, Selasa, 25 Agustus 2015 | 17:00 WIB
Sumber Protein Tinggi untuk Anak (dedeayu)

      SajianSedap.com - Protein merupakan salah satu kandungan gizi yang dibutuhkan anak di usia tumbuh kembang. Seorang anak membutuhkan protein sebanyak 15-20 persen dari total asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Selama ini banyak orang tua yang menganggap susu merupakan satu-satunya sumber protein yang baik untuk anak. Padahal, banyak sekali sumber protein selain susu yang bisa diberikan untuk anak. Lalu, apa saja sumber protein tinggi untuk anak?

Ikan Laut      Ikan memiliki kandungan protein yang tinggi dan aman dikonsumsi. Budaya makan ikan harus mulai dibiasakan sejak dini. Ikan juga dapat membuat otak anak berkembang lebih cepat.

      Sebaiknya ikan dimasak dengan cara direbus atau dibakar. Bila ingin menggorengnya, pastikan kita menggunakan minyak goreng yang rendah lemak.  

Kedelai      Kedelai merupakan salah satu makanan berprotein nabati tinggi. Banyak olahan makanan dari kedelai yang aman dikonsumsi. Misalnya saja tahu, tempe, susu kedelai, dan kecap. Makanan-makanan tersebut juga dapat diolah dengan berbagai macam campuran, sehingga dapat memancing selera makan anak. 

Kacang-kacangan      Selain kedelai, sumber protein lain bisa berasal dari kacang-kacangan, seperti kacang merah dan kacang mete. Sebaiknya, kacang merah dan kacang mete diolah dengan cara direbus. Bisa juga dicampur ke dalam sayur kesukaan anak. Warna sayuran yang menarik biasanya akan lebih diminati anak-anak. 

Putih Telur      Putih telur mengandung protein yang sangat mudah diserap oleh tubuh. Sumber protein yang terdapat di dalamnya juga dapat membuat daya tahan tubuh lebih baik. Dengan begitu anak akan selalu energik dan tidak mudah sakit. 

Ayam      Ayam lebih aman dikonsumsi dibandingkan daging sapi, karena kolesterolnya lebih rendah. Ayam memiliki kandungan protein tinggi dan relatif disukai oleh anak-anak karena rasanya yang enak dan teksturnya yang lembut. Tapi, sebaiknya hindari mengonsumsi ayam dari restoran cepat saji. Lebih baik untuk mengolah sendiri ayam yang akan dikonsumsi oleh anak. 

Keju      Keju merupakan olahan susu. Jadi, sudah pasti memiliki protein yang tinggi. Selain memenuhi kebutuhan protein si kecil, keju juga membuat kulit lebih sehat. Dan, kandungan asam amino yang terdapat dalam keju juga dapat membantu pembentukan tulang anak.

Sumber: 1health.id