Tips Agar Buah Layak Dikonsumsi

By dedeayu, Minggu, 30 Agustus 2015 | 17:00 WIB
Tips Agar Buah Layak Dikonsumsi (dedeayu)

      SajianSedap.com - Di mana biasanya kita membeli buah-buahan? Di supermarket atau di pasar tradisional? Pertanyaan-pertanyaan tersebut perlu kita jawab, untuk memastikan bahwa kondisi buah-buahan yang kita beli layak untuk dikonsumsi.

      Sebenarnya, sih, tidak ada yang salah membeli buah-buahan di supermarket ataupun di pasar tradisional. Hanya saja, kita perlu memahami bagaimana buah-buahan yang sudah dibeli itu layak untuk dikonsumsi dan memberikan manfaat bagi tubuh.

      Dr. dr. AR Inge Permadhi, MS, SpGK dari MRCCC Siloam, Siloam Hospitals, memberikan beberapa tips agar buah layak dikonsumsi.

Beli buah segar setiap minggu.      Pastikan selalu mengganti buah satu kali dalam seminggu, agar kita selalu menikmati buah segar dan mendapatkan manfaat buah.  Jika lebih dari seminggu tidak mengganti buah yang sudah dibeli, bisa dipastikan kualitas buah sudah kurang bagus. Bahkan beberapa jenis buah akan membusuk. 

Cuci dengan air hangat.       Jika selama ini kita hanya mencuci buah-buahan yang baru saja dibeli dengan air biasa atau air dingin, sekarang saatnya untuk menggantinya dengan air hangat. Tujuannya agar kuman, bakteri, dan bahan pengawet yang terdapat pada buah menjadi hilang, sehingga aman untuk dikonsumsi. 

Cuci dengan sabun buah.       Ada beragam sabun buah yang tersedia di toko, yang bisa kita gunakan. Mencuci buah dengan sabun buah sangat penting dilakukan agar partikel pestisida yang menempel pada buah bisa hilang, sehingga semakin aman dikonsumsi.  

Bilas sekali lagi dengan air hangat.      Sebisa mungkin air hangat yang mengalir, untuk memastikan bahwa buah sudah bersih dari sisa-sisa sabun yang digunakan untuk membersihkan buah-buahan. Keringkan dan bungkus dengan kertas roti. Lakukan ini jika buah belum mau dimakan. Membungkus buah yang sudah dikeringkan dengan kertas roti maka akan membuat buah lebih awet. Buah khusus untuk penderita diabetes.      Penderita diabetes yang ingin tetap mengonsumsi buah-buahan bisa memilih buah pir yang memiliki serat baik bagi tubuh, sehingga mampu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Selain buah pir, jeruk juga bagus dikonsumsi. Sebab, jeruk memiliki kandungan vitamin C yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, termasuk mencegah terjadinya diabetes.

Sumber: 1health.id