Manfaat Rahasia Yoghurt

By dedeayu, Selasa, 1 September 2015 | 17:00 WIB
Manfaat Rahasia Yoghurt (dedeayu)

      SajianSedap.com - Yoghurt menjadi suatu pilihan produk susu yang bisa dikonsumsi sehari-hari. Rasanya yang asam dengan pilihan aneka rasa buah, membuatnya lebih nikmat dibandingkan produk susu lainnya.

      Karena berasal dari susu yang difermentasikan, maka yoghurt mengandung banyak nutrisi. Dan, bila diminum secara rutin, yoghurt bisa memberi banyak manfaat penting. Berikut adalah manfaat rahasia yoghurt.

Membantu mencegah osteoporosis.      Kalsium dan vitamin D yang terdapat dalam yoghurt sangat baik untuk menjaga kepadatan dan kesehatan tulang. Hal itulah yang dapat mencegah osteoporosis sejak dini. Meski banyak diderita oleh lansia, tidak ada salahnya untuk mulai melakukan upaya pencegahan sejak kita masih muda, agar kelak bisa menjalani hari tua tanpa osteoporosis. 

Mencegah risiko darah tinggi.      Di dalam yoghurt juga terdapat kalium yang diketahui dapat mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi. Alvaro Alonso, MD, PhD, seorang peneliti di Harvard School of Public Health, menemukan bahwa 50% risiko darah tinggi bisa dikurangi dengan mengonsumsi yoghurt.

Menjaga kesehatan pencernaan.       Bakteri baik yang terdapat dalam yoghurt sangat bagus untuk membantu proses metabolisme tubuh, sehingga pencernaan menjadi lancar serta mencegah terjadinya diare. Bakteri baik tersebut juga membantu mengeluarkan mikroorganisme jahat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Sebuah penelitian di Pusat Penelitian Nutrisi Amerika Serikat juga menyatakan bahwa bakteri baik dalam yoghurt dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Membantu menurunkan berat badan.      Yoghurt membuat seseorang merasa cepat kenyang, sehingga dapat mengontrol porsi makanan yang dikonsumsi. Selain itu kalsium yang terdapat di dalam yoghurt juga membantu tubuh untuk menggunakan lemak yang tersimpan dalam tubuh. 

Membantu penyembuhan infeksi vagina.      Bakteri jahat dan jamur bisa menyebabkan infeksi vagina. Di dalam yoghurt terdapat banyak bakteri baik, diantaranya adalah Strepcoccus thermopillus dan Lactobacillus yang dapat membunuh bakteri jahat. Sebuah penelitian di Long Island Jewish Medical Center di New York menemukan bahwa seorang wanita penderita infeksi vagina secara bertahap berkurang infeksinya setelah mengonsumsi yoghurt dengan teratur selama sebulan.

Baik bagi wanita hamil.      Seperti diketahui bahwa kebutuhan kalsium pada ibu hamil meningkat seiring dengan pertumbuhan janinnya. Karena itu wanita hamil sering merasa pegal-pegal karena kebutuhan kalsiumnya terserap oleh janin. Dengan mengonsumsi yoghurt secara teratur, maka kebutuhan kalsium wanita hamil akan terpenuhi.

Sumber: 1health.id