Arti Tanggal dalam Produk Makanan

By dedeayu, Senin, 31 Agustus 2015 | 17:00 WIB
Arti Tanggal dalam Produk Makanan (dedeayu)

      SajianSedap.com -Menurut BPOM, makanan kadaluarsa adalah makanan yang sudah mengalami kerusakan, hingga menjadi berubah dari sifat asalnya. Kerusakan tersebut bisa terjadi karena kerusakan fisik, kimia, atau enzimatis. Nah, untuk menghindari terjadinya makanan kadaluarsa termakan oleh konsumen, biasanya para produsen makanan sudah memberitahu tanggal kadaluarsa makanan di kemasannya. Bahkan, bukan hanya tanggal kadaluarsa. Tanggal dikemas dan lain-lain pun ditulis. Hanya saja, masih banyak dari kita yang kadang kurang paham arti tanggal-tanggal itu. Supaya lebih paham, berikut penjelasan mengenai arti tanggal dalam produk makanan. 

Baik digunakan sebelum (best before).      Tanggal ini menunjukkan batas suatu produk masih terjamin kualitasnya. Kualitas dan kandungan nutrisinya akan turun setelah tanggal tersebut terlewati, namun belum tentu membahayakan kesehatan selama kemasan masih utuh.

Gunakan sebelum (use by atau expired date).      Biasanya ditulis pada kemasan produk yang mudah rusak dalam penyimpanan jangka panjang seperti daging dan beberapa jenis keju, yang bisa menyebabkan resiko kesehatan secara langsung.

      Maksudnya adalah: produk ini harus digunakan sebelum tanggal yang dicantumkan. Jika sudah sampai pada tanggal yang dicantumkan, kualitasnya mulai menurun. Apalagi kalau sudah melewati tanggal yang dicantumkan, bisa berbahaya bagi kesehatan.

Batas sebelum penarikan (pull date).      Maksudnya tanggal terakhir yang dianjurkan bagi kita untuk membeli produk tersebut, supaya kita masih punya jangka waktu untuk menggunakannya, tanpa mulai mengalami kerusakan.

Tanggal dikemas (pack date).      Tanggal ini sekadar memberi informasi mengenai kapan produk tersebut mulai dikemas, baik oleh produsen maupun pengecer. Jadi, kita bisa tahu produk yang dibeli masih fresh atau tidak.

Tanggal masuk toko (sell by date).      Adalah tanggal  pada saat produk memasuki gudang penyimpanan di toko atau tempat penjualan lainnya. 

Tanggal pemajangan (display date).       Menunjukkan kapan sebuah produk mulai dipajang di rak-rak atau display toko. (SAA/ dari berbagai sumber)

FOTO: VUEWEEKLY.COM