Buah yang Tinggi Kandungan Vitamin C

By dedeayu, Selasa, 8 September 2015 | 17:00 WIB
Buah yang Tinggi Kandungan Vitamin C (dedeayu)

      SajianSedap.com - Vitamin C sangat penting bagi tubuh, antara lain untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta membantu penyerapan zat besi. Jika kita kekurangan vitamin C maka beberapa gangguan kesehatan akan datang menyerang. Misalnya, nyeri sendi dan anemia. Itu sebabnya, dalam asupan sehari-hari, makanan yang mengandung vitamin C tidak boleh ketinggalan.

      Jika bicara tentang makanan yang mengandung vitamin C, biasanya kita akan langsung teringat pada buah jeruk. Tidak salah memang. Tapi sebenarnya, selain buah jeruk, masih ada sederet buah lainnya yang juga tinggi kandungan vitamin C-nya. Berikut akan dijelaskan buah yang tinggi kandungan vitamin C tersebut.

Jambu biji      Mungkin belum banyak yang tahu bahwa kandungan vitamin C dalam jambu biji jauh lebih tinggi daripada kandungan vitamin C dalam jeruk. Jika dalam satu buah jeruk terdapat 50 – 70 mg vitamin C, maka dalam 100 gr buah jambu biji terdapat 108 mg vitamin C.

Apel            Dalam 100 gr apel terdapat 5 mg kandungan viamin C. Selain itu, vitamin C, apel juga kaya akan flavonoid antioksidan yang mengurangi risiko penyakit jantung, stroke. dan kanker.

Stroberi      Stroberi juga merupakan sumber vitamin C dan antioksidan lainnya. Dalam satu porsi buah stroberi 147 gr terdapat kandungan vitamin C sebanyak 86,5 mg.

Pepaya      Setiap 150 gr papaya terdapat kandungan vitamin C sebanyak 90 mg. Selain sebagai sumber vitamin ca, papaya juga mengandung folat dan karotenoid, serta merupakan satu-satunya sumber papain, yaitu enzim pencernaan alami yang membantu mencerna protein.

Kiwi      Selain mengandung banyak vitamin C, buah kiwi merupakan sumber magnesium, kalium, vitamin A, dan vitamin E.

Delima      Satu buah delima mampu mencukupi 40 persen kebutuhan vitamin C harian kita. Delima yang juga kaya akan folat, serat, kalium, niasin, vitamin A dan vitamin E, memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi, yang menurunkan kolesterol dan tekanan darah, melindungi gigi, mencegah osteoartritis, alzheimer, kanker payudara, leukemia, kanker paru, dan kanker prostat.

Anggur       Dalam setiap 100 gr anggur terdapat 10,8 mg vitamin C. Selain itu, anggur merah juga mengandung zat besi, kalium, serat, dan antioksidan lain yang berlimpah.

Sirsak      Setengah buah sirsak berukuran sedang, cukup untuk memenuhi seluruh kebutuhan vitamin C dan setengah kebutuhan serat harian kita. Sirsak juga mengandung fosfor dan kalsium yang sangat penting untuk pembentukan massa tulang dan mencegah osteoporosis.

Blewah      Sepotong blewah mengandung 49,2 mg vitamin C. Dan, blewah juga kaya akan serat serta vitamin A.

Mangga      Satu buah mangga rata-rata mengandung 60 mg vitamin C. Selain itu, antioksidan dalam mangga juga membantu mencegah artritis, mempercepat penyembuhan luka, dan sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh. (SAA/ dari berbagai sumber)

FOTO: HEALTHLINE.COM