Delapan Alasan Kenapa Sarapan Itu Penting

By dedeayu, Kamis, 10 September 2015 | 17:00 WIB
Delapan Alasan Kenapa Sarapan Itu Penting (dedeayu)

      SajianSedap.com - Kadang, karena berbagai alasan, kita suka melewatkan waktu sarapan. Atau, kalaupun tidak melewatkannya, kita cenderung melakukan sarapan dengan menu seadanya dan makan dengan cara terburu-buru. Padahal ternyata sarapan itu sangat penting bagi tubuh, lho! Apa saja yang kita makan saat sarapan, berikut cara makan yang tepat dan bersahabat dengan proses pencernaan, sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan kinerja organ-organ tubuh kita.

      Masih kurang paham? Berikut delapan alasan kenapa sarapan itu penting.  

1. Membuat tubuh lebih berenergi.      Tubuh kita membutuhkan energi yang cukup banyak untuk dapat beraktivitas sepanjang hari. Nah, sarapan akan mengganti asupan gizi yang hilang setelah semalaman tubuh berpuasa (karena tidur) dan gula darah turun ke tingkat yang paling rendah di pagi hari.

      Pilihan makanan dengan karbohidrat kompleks dan kaya akan serat seperti oatmeal atau roti gandum, akan membuat energi terkumpul kembali dan kita tidak mudah lelah. Tambahkan pula makanan yang mengandung protein dan kalsium tinggi seperti susu dan telur.

2. Melancarkan sistem pencernaan.      Di pagi hari sistem pencernaan sedang memulai proses detoksifikasi, yaitu mengeluarkan zat sisa yang tidak berguna bagi tubuh. Supaya proses tersebut bisa berjalan dengan sempurna, perlu adanya stimulus atau rangsangan, berupa masuknya makanan baru ke dalam tubuh. Jika ada makanan baru yang masuk, kerja peristaltik usus untuk mengeluarkan makanan yang lama, dan merangsang pengeluaran enzim di dalam pencernaan, akan berjalan dengan baik.

3. Meningkatkan kinerja otak.      Otak membutuhkan pasokan nutrisi (terutama glukosa), untuk bisa bekerja secara optimal. Kurangnya pasokan nutrisi ke otak akan menurunkan kinerja otak dan membuat kita sulit untuk berkonsentrasi. Sarapan akan memberi otak bahan bakar yang membuat aliran darah ke otak jadi lebih lancar. Sehingga, bisa meningkatkan daya konsentrasi dan meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah.

4. Meningkatkan sistem imun.      Kebiasaan sarapan teratur dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Sebab, sarapan teratur membuat hormon-hormon yang berperan untuk mengaktifkan sel-sel kekebalan tubuh jadi meningkat. Jika sistem imum kita bagus, maka tubuh akan terhindar dari serangan bakteri dan virus penyebab penyakit seperti flu dan batuk.

5. Memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.      Dengan sarapan, tubuh akan mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkannya. Berbagai macam jenis dan menu sarapan (seperti susu, sereal, yogurt, dan lain-lain), membuat tubuh bisa “memilih” dan mendapatkan apa saja nutrisi yang dibutuhkannya.

6. Menurunkan resiko obesitas.      Menurut berbagai penelitian, orang yang melewatkan sarapan cenderung memiliki resiko empat kali lebih tinggi untuk terkena obesitas, karena rasa lapar yang berlebihan mendorong mereka mengonsumsi lemak dan kalori lebih tinggi pada saat makan siang. Saking tingginya, bahkan bisa sampai 100 kalori lebih banyak daripada orang yang sarapan.

7. Menurunkan resiko terkena penyakit berbahaya.      Sebuah jurnal yang diterbitkan oleh American Heart Association menunjukkan bahwa orang yang malas sarapan cenderung memiliki kadar gula darah dan kolesterol yang tinggi dibandingkan mereka yang rajin sarapan. Padahal, seperti yang kita ketahui, kadar gula darah dan kolesterol yang tinggi merupakan faktor utama penyebab berbagai penyakit, seperti diabetes dan jantung.

8. Menyukseskan program diet.      Sarapan membuat kita jadi tidak kelaparan dan  mampu menahan godaan makan berlebih di siang hari. Sarapan juga bisa menahan keinginan ngemil menjelang waktu makan siang. Selain itu, sarapan dalam keadaan perut kosong dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga bisa mempercepat pembakaran kalori dan membuat pembakaran kalori jadi lebih efisien.   

      Ya, itu tadi delapan alasan kenapa sarapan itu penting. Jadi, mulai sekarang kita tidak boleh lagi melewatkan waktu sarapan. (SAA/ dari berbagai sumber) 

FOTO: LIVESTRONG.COM