Kebaikan Kurma Bagi Kesehatan

By dedeayu, Senin, 21 September 2015 | 17:00 WIB
Kebaikan Kurma Bagi Kesehatan (dedeayu)

      SajianSedap.com - Buah khas Timur Tengah ini memang identik dengan bulan Ramadhan. Tapi, diluar bulan Ramadhan pun sebenarnya kurma baik dikonsumsi. Kenapa? Karena manfaat kurma bagi kesehatan ternyata sangat besar. Setidaknya ada lima fakta kebaikan kurma bagi kesehatan. 

Karbohidrat kurma dua kali lebih besar daripada nasi.      Dalam satu cangkir atau sekitar 200 gram kurma mengandung 110 gram karbohidrat. Jumlah tersebut sama dengan karbohidrat yang terkandung dalam dua piring nasi putih. Karbohidrat merupakan makronutrien yang berfungsi sebagai sumber energi. Itulah sebbanya mengapa kita akan merasa segar dan fit kembali saat mengonsumsinya pada waktu berbuka puasa.

Mengandung magnesium.      Kurma merupakan salah satu sumber magnesium yang tinggi. Dalam secangkir kurma terdapat 63 miligram magnesium. Jumlah tersebut dapat memenuhi 20 persen kebutuhan harian magnesium orang dewasa. Ibu hamil memerlukan magnesium yang lebih banyak untuk mencegah terjadinya hipertensi dan kelahiran prematur. Jadi kurma sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Melancarkan pencernaan.      Kurma juga kaya akan serat. Dalam secangkir kurma terdapat 11,8 gram serat. Sementara orang dewasa membutuhkan serat sebanyak 25 sampai 30 gram per hari. Serat yang cukup tentu saja dapat melancarkan pencernaan dan mencegah terjadinya gangguan konstipasi, serta membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Kurangi resiko rabun senja.      The American Cancer Society menyatakan bahwa konsumsi kurma secara teratur setiap hari dapat meningkatkan kesehatan mata. Konsumsi satu buah kurma secara rutin setiap hari bahkan dapat mengurangi risiko rabun senja.

Meningkatkan kesehatan jantung.      Kandungan serat, protein, vitamin dan mineral yang terdapat dalam kurma juga sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Konsumsilah kurma minimal dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan manfaat tersebut. 

      See? Jadi, kita tidak perlu lagi meragukan kebaikan kurma bagi kesehatan. Dan, mulai sekarang ayo masukkan kurma dalam daftar makanan sehat yang harus kita makan setiap hari.

Sumber: 1health.id