Jahe Melindungi Tubuh

By dedeayu, Senin, 28 September 2015 | 17:00 WIB
Jahe Melindungi Tubuh (dedeayu)

SajianSedap.com - Selain sebagai bumbu dan penyedap masakan, jahe juga bisa menjadi alternatif minuman yang sangat berguna bagi kesehatan. Biasanya jahe dikonsumsi dengan cara dibuat menjadi minuman hangat yang sangat enak dinikmati saat musim hujan atau musim dingin. Bukan tanpa alasan banyak orang mengonsumsi jahe, sebab jahe punya manfaat yang cukup banyak. Jahe melindungi tubuh dengan cara:

1. Menjaga fungsi lambung.

Bagi yang memiliki penyakit asam lambung, jahe sangat baik untuk dikonsumsi. Senyawa asheton dan methanol pada jahe mampu mencegah iritasi pada gangguan pencernaan dan mampu menjaga fungsi lambung.

2. Redakan gangguan otot dan sendi.

Punya gangguan pada otot dan sendi tubuh? Jahe adalah salah satu solusinya. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang baik untuk mengurangi gangguan otot dan sendi tubuh manusia. Caranya: rebus jahe di dalam air mendidih. saat proses perebusan tersebut, jahe akan mengeluarkan “minyak” jahenya. Minyak ini kemudian dioleskan untuk meredakan gangguan otot dan sendi tubuh. 

3. Melancarkan aliran darah.

Jahe mengandung kromium dan magnesium yang bermanfaat untuk menjaga aliran darah di dalam tubuh agar tetap normal.

4. Mengatasi morning sickness.

Umumnya, ibu hamil akan mengalami morning sickness selama kehamilan. American Pregnancy Association menyarankan untuk minum jahe agar mengatasi gangguan rasa mual di pagi hari. Kandungan gingerol pada jahe mampu mengatasi nausea (rasa mual) yang sering dirasakan ibu hamil.

5. Mencegah pertumbuhan sel kanker.

Sebuah studi dari University of Mennesota's Hormel Institute Amerika Serikat, tahun 2003 menemukan bahwa jahe mengandung senyawa yang bersifat antikanker. Mengonsumsi jahe secara tepat dan rutin akan membantu melawan pertumbuhan sel kanker usus besar.

6. Meredakan mual dan pusing.

Saat sedang dalam perjalanan, jangan lupa untuk membawa jahe (bisa dalam bentuk permen atau minuman jahe) untuk berjaga-jaga bila mengalami mual dan pusing. Akar jahe merah memiliki kandungan dramamine yang memiliki manfaat untuk meredakan rasa mual dan pusing.

Sumber: 1health.id