Variasi Nasi Putih yang Lebih Gurih

By dini, Kamis, 1 Oktober 2015 | 17:00 WIB
Variasi Nasi Putih yang Lebih Gurih (dini)

      SajianSedap.com - Meskipun nasi merupakan bahan makanan utama masyarakat Indonesia, namun menyantap nasi putih melulu tentu akan menimbulkan rasa bosan. Itu sebabnya kita sering mengolah nasi putih menjadi nasi goreng, nasi uduk, atau nasi liwet, untuk membuatnya lebih gurih.

      Menurut pemerhati kuliner Bondan Winarno, ada beberapa variasi nasi putih yang bisa Anda coba. Cara menyiapkannya cukup praktis, dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Bahkan mungkin Anda sudah menyimpannya di lemari es. Salah satunya, Butter Rice.

      "Untuk Butter Rice, saya campurkan wortel, jagung, peas, dan buncis yang sudah direbus, ke dalam nasi. Butter itu ada yang salted dan unsalted. Biasanya saya pilih yang unsalted, lalu saya tambahi garam. Lalu aduk rata," jelas Bondan, saat acara Festival Nasi Indonesia, di The Hall, Senayan City, Jakarta, Rabu (30/9). Butter Rice pun siap disajikan.

      Membuat nasi ulam betawi yang terkenal itu juga tidak sulit. Pada dasarnya ulam artinya sayur mayur yang dirajang halus. Jadi, nasi putihnya dicampur dengan rajangan sayur mayur ini. Campuran untuk nasi tersebut bisa divariasi. Selain dengan rajangan sayur, biasanya dengan serundeng kelapa, ebi yang disangrai, kacang tanah diblender. Tetapi Bondan mengaku sering menggunakan lengkuas yang ditumbuk untuk menggantikan serundeng kelapa. Tentu, agar sajian ini menjadi sedikit lebih sehat.

      "Lalu saya pakai kacang panjang dan kemangi yang dirajang halus. Sayurnya mentah aja agar crunchy. Kemudian lauk default-nya adalah semur tahu, bihun goreng, dendeng manis, cumi asin, perkedel, dan kerupuk. Garnish-nya kemangi," lanjutnya sambil memeragakan cara mengolah nasi ulam.      Untuk Anda yang suka coba-coba, nasi tutug oncom dan nasi jagung madura juga bisa jadi alternatif. Di Madura, menurutnya beras biasa dicampur dengan jagung yang ditumbuk kasar. Setelah itu dicampur dan ditanak. Setelah nasi masak, akan terlihat nasi putih dengan bintik-bintik kuning di sana-sini.      "Kalau mau menyajikan nasi-nasi seperti ini gampang. Sambal oncom bisa disiapkan cukup banyak, dibagi-bagi porsinya, lalu simpan di freezer," ujar Bondan. Kemudian, setiap porsi sambal oncom bisa dicampur lagi dengan nasi ketika Anda siap menyantapnya.

      Yang perlu Anda perhatikan, sambal oncom sebaiknya disimpan di freezer agar bakterinya mati. Jika disimpan di refrigerator, dikhawatirkan bakteri masih bisa tumbuh. (Dini)

FOTO: SAJIANSEDAP/FELICITAS HARMANDINI