Serba-serbi Teri Medan

By dedeayu, Rabu, 14 Oktober 2015 | 17:00 WIB
Serba-serbi Teri Medan (dedeayu)

      SajianSedap.com - Teri Medan adalah teri asin berukuran kecil, yang warnanya putih. Sebenarnya teri ini bukan hanya ada di Medan, tapi akhirnya disebut teri Medan karena teri yang diproduksi di kota ini sangat bagus kualitasnya. Supaya lebih kenal dengan teri Medan, mari kita cari tahu serba-serbi teri Medan.

Memilih Teri Medan       Memilih teri Medan tidak sulit. Tapi, kita harus teliti jika ingin mendapatkan teri dengan kualitas terbaik. Pertama, perhatikan warnanya. Pilih teri yang benar-benar putih, jangan yang kecokelatan. Kedua, pilih teri yang utuh, jangan memilih teri yang kepalanya sudah banyak yang putus. Terakhir, pilih teri yang aromanya segar.

Menyimpan Teri Medan      Jika belum mau diolah, simpan teri dengan wadah kedap udara di dalam  lemari es. Dengan cara penyimpanan seperti ini teri bisa bertahan cukup lama (lebih dari dua minggu).

      Kalau kita terlanjur membiarkan teri tetap dalam bungkus plastik dan digeletakkan saja di suhu ruang dalam waktu cukup lama (beberapa hari atau beberapa minggu), maka sebelum mengolahnya pastikan dulu teri masih dalam kondisi bagus. Jangan memasak teri yang sudah berjamur. Jamur yang tumbuh di atas teri mudah dikenali karena warnanya oranye.

Cuci Sebelum Diolah      Sebelum diolah, cuci dulu teri sampai bersih supaya asinnya berkurang. Mencucinya bisa di bawah air mengalir (tempatkan teri dalam saringan) atau dengan cara diseduh air panas. Lalu, jika tidak mau teri bau amis, teri yang sudah dicuci bisa digoreng dulu, baru kemudian diolah menjadi berbagai masakan yang diinginkan.

Masakan Dengan Teri Medan       Teri Medan bisa disajikan begitu saja setelah digoreng bersama nasi panas dan sambal. Selain itu bisa juga bisa dijadikan tambahan dalam nasi goreng dan tumisan sayur. Atau, diolah menjadi:

      Nah, sudah tahu kan serba-serabi teri medan? Buat Anda yang selama ini senang mengolah teri Medan, ayo ciptakan sesuatu yang berbeda! (MM/ SAA)