Serai Bumbu Beraroma Sangat Khas

By dedeayu, Selasa, 27 Oktober 2015 | 17:00 WIB
Serai Bumbu Beraroma Sangat Khas (dedeayu)

      SajianSedap.com - Serai adalah tanaman rumput-rumputan yang digunakan sebagai bumbu untuk mengharumkan makanan. Bentuknya gembung di bawah, tapi  makin ke atas berupa batang kecil.

Manfaat Serai      Serai dimanfaatkan aromanya yang tajam dan sehingga bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis bahan makanan, selain memberi keharuman tadi.

Bagian Serai yang Digunakan      Sesungguhnya seluruh bagian serai memberikan aroma harum. Hanya saja, karena cukup panjang, umumnya orang membuang ujungnya yang kecil agar tidak mengganggu pengadukan makanan. Tapi sebenarnya serai bisa dipotong dua, kok. Sehingga bagian yang gembung dan ujungnya, semua bisa digunakan. Sebelum digunakan, lapisan luar serai dilepaskan helai-helainya, hingga yang terlihat tinggal bagian yang lebih putih.

      Cara menggunakan: diiris-iris halus atau dimemarkan. Cara ini berguna untuk mengeluarkan aroma serai. Namun menggunakan serai dengan cara diiris jarang digunakan karena akan jadi sulit memisahkan serai saat hidangan disajikan.

Masakan yang Menggunakan Serai       Arsik adalah hidangan yang paling banyak menggunakan serai. Serai ditata sebagai alas wajan sekaligus memberi keharuman pada ikan arsik. Tapi, orang Bali juga sering memanfaatkan keharuman serai pada sate lilit mereka. Daging sate dililitkan di batang serai. Sehingga, fungsi serai sebagai batang dan juga pengharum.

      Hidangan lain yang memanfaatkan keharuman serai adalah soto, pepes, pindang, dan gulai. Selain itu, serai juga cocok digunakan untuk masakan dari ikan asin atau seafood yang amis.

Serai Jadi Sambal      Serai bahkan bisa berperan dalam sambal. Sambal bajak adalah sambal yang sering menggunakan serai. Sementara dalam sambal matah, serai diiris halus dan dicampur bersama irisan cabai juga bawang. Jadi, serai ikut dimakan. (MM/ SAA)

FOTO: WOM.MY