Gizi Baik untuk Para Remaja

By dedeayu, Rabu, 28 Oktober 2015 | 17:00 WIB
Gizi Baik untuk Para Remaja (dedeayu)

      SajianSedap.com - Remaja usia 11-18 tahun mengalami perubahan hormon dan mulai memasuki masa pubertas. Perubahan besar ini membutuhkan dukungan energi cukup dan gizi yang baik. Informasi yang Royco berikan berikut dapat membantu ibu yang memiliki anak usia remaja untuk memenuhi kebutuhan gizi mereka:

•    Pada gadis remaja yang mulai mengalami menstruasi, asupan zat besi dan protein penting untuk diperhatikan agar dapat mencegah anemia. Dengan menstruasi yang mulai terjadi di usia remaja, hal ini akan menyebabkan para gadis remaja ini kehilangan darah dan zat besi tiap bulannya, sehingga penting untuk meningkatkan asupan zat besi. Sumber zat besi dan protein dapat didapat dari daging sapi, ayam dan ikan, telur, kacang-kacangan, susu. Sayur bayam juga bisa menjadi sumber zat besi yang baik. •    Pada remaja laki-laki, massa ototnya mulai berkembang sehingga dibutuhkan protein, vitamin dan mineral yang cukup. Zat gizi ini bisa didapat dari daging sapi, ayam dan ikan, telur, kacang-kacangan, susu, sayur dan buah.

      Kebutuhan kalsium para remaja pada umumnya juga tinggi, yaitu 1000 mg per hari, karena pertambahan tingginya yang cepat. Kebutuhan ini harus dicukupi dari sumber kalsium seperti susu dan turunannya (seperti keju, yogurt), ikan teri dan tahu. Selain itu, kebutuhan buah dan sayur para remaja juga harus tercukupi hingga tercapai 3 porsi sayur dan 2 porsi buah dalam sehari.

      Untuk inspirasi resep yang cocok untuk kebutuhan gizi para remaja, Royco punya resep sayur bayam, daging sapi, ayam, ikan, dan telur yang dapat ditemukan di sini.