Nanas dan Kiwi Musuh Gelatin

By dedeayu, Kamis, 29 Oktober 2015 | 17:00 WIB
Nanas dan Kiwi Musuh Gelatin (dedeayu)

      SajianSedap.com - Siapa yang tidak suka puding? Sajian manis dan lembut satu ini selalu sukses menjadi hidangan penutup. Selain rasanya yang nikmat, puding pun sangat mudah dibuat dan dikreasikan dengan berbagai bahan. Salah satunya dengan gelatin, agar puding terasa lebih kenyal.

      Hanya saja, jika kita ingin membuat puding gelatin, jangan lagi ditambahkan sari buah nanas atau kiwi. Sebab, nanas dan kiwi musuh gelatin. Puding gelatin akan langsung kehilangan kekenyalannya bila ditambahkan kedua sari buah ini. Kenapa?

      Gelatin adalah senyawa protein yang mampu membentuk gel yang memberikan tekstur kenyal pada pembuatan puding. Tidak seperti buah-buahan lain, nanas mempunyai enzim bromelain dan kiwi mempunyai enzim aktinidin. Keduanya merupakan protease dalam jumlah tinggi.

      Enzim protease merupakan enzim yang berfungsi untuk memecah protein menjadi peptida/ asam amino, sehingga gelatin akan jadi terdegradasi. Akibatnya, kemampuan gelatin untuk membentuk gel akan terganggu dan kekenyalan akan berkurang. Bila jumlah sari buah nanas dan kiwi ditambahkan lebih banyak, maka tidak jarang gel tidak terbentuk sama sekali. (MM/ SAA)

FOTO: MANJUSKITCHEN.CO.UK