Mensterilkan Dot dan Perlengkapan Makan Anak (2)

By dedeayu, Senin, 2 November 2015 | 17:00 WIB
Mensterilkan Dot dan Perlengkapan Makan Anak (2) (dedeayu)

      SajianSedap.com – Sistem kekebalan tubuh bayi, batita, dan balita jelas berbeda dengan orang dewasa. Sistem kekebalan tubuh mereka masih sangat lemah, sehingga mereka sangat mudah terserang penyakit. Itu sebabnya, sebagai orang tua, kita harus ekstra dalam memberi perhatian. Bukan hanya kebersihan tubuh dan kecukupan gizinya yang harus selalu diperhatikan, tapi juga kebersihan mainan dan perangkat makannya. Kenapa? Karena banyak sekali bibit penyakit yang suka menempel di dot  dan perlengkapan makan anak.

      Untuk mengurangi resiko anak terpapar bibit penyakit yang menempel di dot dan perlengkapan makan, maka kita harus mensterilkannya setiap selesai dipakai. Tidak sulit, kok. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mensterilkan dot dan perlengkapan makan anak.

Merebus      Ini merupakan metode paling sederhana dan tidak memerlukan biaya lebih. Sebab, kita cukup memanfaatkan panci dan kompor untuk mensterilkan dot dan perlengkapan makan anak. Sayangnya, metode paling sederhana ini juga bisa membuat dot dan perlengkapan makan anak lebih cepat rusak.1.    Siapkan panci berukuran besar, isi dengan air biasa, lalu masukkan dot dan perlengkapan makan anak ke dalamnya. Pastikan semuanya terendam dan tidak ada gelembung-gelembung udara di dalam dot.

2.    Letakkan piring atau mangkuk tahan panas untuk menutup panci, sekaligus menjaga semua perlengkapan yang direbus tetap berada di bawah permukaan air.

3.    Nyalakan kompor dan biarkan hingga airnya mendidih, lalu diamkan selama sekitar 10 menit.

4.    Sama seperti menstreilisasi dengan alat sterilisasi, selama piring atau mangkuk tahan panas yang dijadikan penutup tidak diangkat, kita bisa tetap menyimpan dot dan perlengkapan makan anak di dalam panci sampai sekitar enam jam.Sterilisasi Dingin      Jika Anda sangat sibuk atau membutuhkan alat sterilisasi yang bisa dibawa kemana-mana tanpa perlu listrik atau air mendidih, sterilisasi dingin bisa jadi pilihan. Sterilisasi dingin ini pada dasarnya adalah mensterilisasi dot dan perlengkapan makan anak dengan cairan atau tablet sterilisasi yang bisa dibeli di toko perlengkapan bayi atau pasar swalayan. Caranya:1.    Masukkan cairan atau tablet sterilisasi tersebut ke dalam wadah bersih berisi air biasa. Baca aturan pakai untuk mengetahui dosis dan takaran cairan atau tablet steril, juga takaran air yang dianjurkan.

2.    Masukkan dot dan perlengkapan makan anak tersebut di dalam wadah tadi. Pastikan semuanya terendam dengan sempurna dan tidak ada gelembung-gelembung udara di dalam dot.

3.    Rendam minimal 30 menit. Semakin lama Anda merendamnya akan semakin baik. Larutan sterilisasi ini bisa digunakan dalam kurun waktu 24 jam. Tapi setelah itu harus diganti dengan larutan yang baru. (SAA/ dari berbagai sumber)

Baca juga: Mensterilkan Dot dan Perlengkapan Makan Anak (1)

FOTO: GAZETTEHEALTH.NET