Tomat Mengandung Likopen

By dedeayu, Minggu, 13 Desember 2015 | 17:00 WIB
Tomat Mengandung Likopen (dedeayu)

      SajianSedap.com - Siapa yang tidak kenal buah tomat (Licopersicum esculentum)? Semua orang pasti sudah familiar dengan buah yang satu ini. Buah tomat sering kita temukan sebagai pelengkap hidangan yang bisa menambah nafsu makan karena warnanya yang cerah. Selain itu, buah tomat juga kerap disajikan dalam bentuk jus, sambal goreng, acar tomat, ataupun dibuat saus tomat.

      Namun sayang, tidak semua orang suka mengkonsumsinya. Padahal, buah tomat memberikan banyak sekali manfaat bagi tubuh. Sebab, buah tomat mengandung likopen yang sangat tinggi. Apa itu likopen?

      Likopen adalah salah satu zat antioksidan alami yang dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh akibat rokok, polusi, juga sinar ultraviolet. Selain itu, likopen pun diketahui dapat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat mengakibatkan kanker leher rahim, kanker prostat, kanker perut, kanker kolorektal (usus besar), serta kanker pankreas.

      Pada sebagian besar hidangan, tomat kerap disajika segar. Namun, tomat akan lebih baik dikonsumsi setelah melalui proses pemasakan. Sebab, jika sudah dimasak maka jumlah likopen dalam tomat akan meningkat hingga 10 kali lipat.

      Likopen merupakan bagian dari karotenoid yang larut dalam lemak. Tapi, likopen yang larut di dalam lemak justru sulit diserap oleh tubuh. Oleh karena itu sangat disarankan agar memasak tomat lebih baik dengan cara direbus atau dikukus sebelum disantap.

      So, kalau masih malas makan tomat, ingat saja kalau tomat mengandung likopen! Buat yang ingin lebih sering makan tomat, coba cek berbagai resep olahan tomat di website Royco. Selamat mencoba!