Olahan Cabai Keriting

By dedeayu, Senin, 14 Desember 2015 | 17:00 WIB
Olahan Cabai Keriting (dedeayu)

      SajianSedap.com - Makan kalau tidak ada pedas-pedasnya, rasanya kurang sip. Soalnya pedas itulah yang membuat kita jadi lebih berselera makan. Tidak heran kalau berbagai jenis cabai kerap digunakan dalam masakan sehari-hari.

      Tapi, dari sekian banyak jenis cabai yang ada, cabai keriting bisa dibilang yang paling sering digunakan. Selain dibikin sambal, cabai keriting pun diolah menjadi beragam produk.  Coba saja pergi ke supermarket, pasti menemukan beragam olahan cabai keriting.

Cabai Kering       Cabai kering adalah cabai merah keriting yang dikeringkan di dalam oven pada suhu rendah, atau dijemur. Aroma smokey-nya membuat masakan yang ditambahkan cabai kering bukan hanya pedas, tapi juga beraroma.

Minyak Cabai       Minyak yang ditambahkan cabai tentu punya rasa pedas. Minyak ini bisa digunakan untuk menumis atau membuat nasi goreng. Tingkat kepedasanya tidak akan terlalu menonjol karena hanya ada di dalam minyak. Dan karena sudah di dalam minyak, maka rasa pedasnya mudah tercampur dengan bahan lainnya.

Saus Sambal       Cabai merah keriting yang dihaluskan lantas dikentalkan dan diberi bumbu, menghasilkan sambal botol yang sudah sering Anda pakai.

Abon Cabai      Abon cabai sering juga disebut bon cabai. Ini adalah cabai kering yang dihaluskan lalu diberi berbagai rempah hingga selain pedas, juga memberi aroma yang harum.

Cabai Bubuk      Cabai bubuk adalah produk cabai keriting yang dikeringkan sampai kering betul lalu dihaluskan. Setelah itu kembali dikeringkan sampai kandungan airnya sama sekali habis. (MM/ SAA)

FOTO: DELRAYCRA.COM