Beda Roasting Dengan Grilling

By dedeayu, Minggu, 17 Januari 2016 | 17:00 WIB
Beda Roasting Dengan Grilling (dedeayu)

      SajianSedap.com – Mengadakan acara kumpul bersama teman-teman ataupun keluarga besar sambil memasak dan menikmati hasilnya bersama-sama, mampu menciptakan keakraban yang luar biasa. Apalagi, banyak bahan makanan yang dapat dipilih untuk dimasak, sehingga bisa memuaskan selera setiap orang.

      Biasanya, sih, bahan makanan hewani yang jadi pilihan utama. Baik itu daging, ayam, maupun ikan. Sementara untuk cara memasaknya, roasting dan grilling yang paling sering dipilih karena bisa dilakukan oleh siapa saja. Tapi, tahukan Anda apa beda roasting dengan grilling?Roasting atau Memanggang      Memasak dengan cara roasting atau memanggang pada dasarnya tetap menggunakan api sebagai faktor untuk mematangkan bahan makanan. Namun, api tidak terkena langsung ke bahan makanan.

      Memanggang juga bisa menjadi istilah yang digunakan untuk mengolah bahan makanan secara perlahan menggunakan oven dengan suhu yang diinginkan dan dapat disesuaikan sebagai perantara panas untuk mematangkan makanan. Suhu pada oven bisa mencapai 475° F atau sama dengan 240°C.

      Kelemahan roasting adalah lama memasak yang lebih lama dibandingkan grilling. Tapi, setebal apapun daging yang diolah akan tetap matang di bagian dalam, tapi tidak gosong pada bagian luar.Grilling atau Membakar      Teknik memasak grilling atau membakar merupakan teknik memasak menggunakan batu bara, gas, atau arang yang ditempatkan pada alat khusus untuk membakar, kemudian bahan makanan yang akan dibakar diletakkan di bagian atas alat pembakar. Jadi dengan menggunakan teknik memasak ini, bahan makanan akan secara langsung terkena dengan bara api sehingga proses memasak makanan lebih cepat. Teknik memasak ini menghasilkan corak kecoklatan pada makanan, sehingga membuat tampilan makanan lebih menarik.

      Membakar biasanya dianggap sebagai teknik memasak yang sehat dan rendah lemak, karena membuat lemak yang terdapat di dalam makanan keluar selama proses memasak. Teknik memasak ini cocok untuk bahan makanan dengan potongan yang tipis, seperti steak. Karena jika digunakan untuk mengolah daging dengan potongan tebal, maka bagian dalam daging akan tidak matang walaupun bagian luar daging sudah gosong. Suhu yang digunakan untuk grilling bisa mencapaui 350°F atau setara dengan 180°C.

      Nah, sekarang sudah paham, kan, beda roasting dengan grilling? Yuk, segera rencanakan acara kumpul bersama teman-teman ataupun keluarga besar sambil memasak dan menikmati hasilnya bersama-sama! (SCI/ dari berbagai sumber)

FOTO: EPICURIOUS.COM