Baikkah Cokelat Untuk Kesehatan?

By nisa, Kamis, 11 Februari 2016 | 17:00 WIB
Baikkah Cokelat Untuk Kesehatan? (nisa)

      SajianSedap.com – Hampir semua orang suka cokelat karena rasanya yang lezat. Tapi selain itu, konon katanya cokelat juga memberi banyak manfaat. Baikkah cokelat bagi kesehatan?      Cokelat merupakan sumber antioksidan dan memiliki efek baik pada peradangan. Manfaat ini termasuk mengurangi risiko kanker dan demensia, suatu keadaan otak mengalami kemunduran. Antioksidan dan anti-inflamasi cokelat berasal dari flavonoid. Selain itu, cokelat juga dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, membantu mengontrol gula darah, dan menghilangkan stres.

      Cokelat mengandung beberapa vitamin dan mineral, gula, serta relatif tinggi lemak. Namun, lemak pada cokelat (disebut asam stearat), tidak akan memengaruhi lemak darah, dibandingkan jenis lemak lainnya. Cokelat pekat mengandung gula yang paling sedikit dibandingkan dengan cokelat putih, sehingga cokelat ini lebih sehat.

      Selain itu, aroma cokelat dapat meningkatkan gelombang otak theta, sehingga membuat relaksasi. Karbohidrat dalam cokelat juga meningkatkan kadar serotonin di otak, yang mengakibatkan rasa nyaman. Sementara kandungan phenyl ethylamine bisa membuat suasana hati lebih ringan.

      Manfaat cokelat lainnya, flavonoid dalam cokelat membantu menjaga pembuluh darah elastis. Dan, lemak kakao dalam cokelat mengandung asam oleat, lemak tak jenuh yang bisa meningkatkan kolesterol baik. 

       Kadar yang aman untuk mengonsumsi cokelat adalah dua kali dalam sehari. Lalu, yang lebih dianjurkan adalah cokelat pekat bukan cokelat susu atau cokelat putih. Kakao, sumber cokelat, mengandung zat antibakteri yang melawan kerusakan gigi. Namun, cokelat dengan kadar gula tinggi akan menghilangkan manfaat ini.

      Jadi, jangan sembarangan makan cokelat lagi, ya. Ternyata tidak semua jenis cokelat memiliki manfaat yang sama. Mulailah konsumsi cokelat pekat untuk kesehatan yang lebih baik. (SCI/ dari berbagai sumber)FOTO: SUNSIGNS.ORG