Jenis-jenis Teh (Bagian 2)

By nisa, Minggu, 14 Februari 2016 | 17:00 WIB
Jenis-jenis Teh (Bagian 2) (nisa)

      SajianSedap.com - Semua jenis teh berasal dari dasar tanaman yang sama, Camellia Sinensis. Perbedaan timbul dari cara pengolahan, kondisi tumbuh, dan geografis. Teh dapat digolongkan ke dalam beberapa kategori, seperti teh hijau, teh putih, oolong, teh hitam, dan teh fermentasi. Semakin sedikit teh teroksidasi, akan semakin lebih lembut dan ringan dalam hal rasa dan aroma. Berikut jenis-jenis teh yang bisa dicoba.

Puer      Puer adalah teh hitam dari Cina yang bersifat obat dan termasuk dalam kategori teh gelap. Puer menghasilkan warna teh yang gelap dan rendah kafein. Teh ini memiliki rasa yang sangat kuat dan tidak pahit. Tradisi Cina mengatakan bahwa Puer membantu sistem pencernaan, sementara studi baru menunjukkan Puer membantu mengurangi kolesterol. Oolong      Oolong, juga dikenal Wulong. Teh yang dibudidayakan di China daratan dan Taiwan ini mengandung kafein sekitar 30 mg kafein per cangkir. Oolong memiliki aroma yang sangat harum. Oolong sering dibandingkan dengan rasa dan aroma bunga atau buah segar.

      Oolong dapat membantu menurunkan berat badan dan mengaktifkan enzim yang melarutkan trigliserida. Studi menunjukkan perempuan yang minum Oolong membakar lebih banyak kalori selama dua jam dibandingkan mereka yang hanya minum air. Varietas teh Oolong yang terkenal adalah Tai Guan Yin dan Dong Ding. Teh Putih      Teh putih yang dibudidayakan di Cina ini adalah teh yang paling halus dan rasa manis alami. Teh diproses dari tunas muda pada tanaman teh, tanpa oksidasi. Teh putih mengandung kafein sekitar 15 mg per cangkir. Teh putih memiliki rasa yang paling halus dan aroma seperti aroma bunga. Mengkonsumsi teh putih membuat kadar glukosa dalam darah membaik dan penurunan kolesterol LDL. Salah satu varietas teh putih yang terkenal adalah Silver Jarum ( Bai Hao Yin Zhen).Teh Tisanes       Teh ini berasal dari tanaman Camellia sinensis, namun penamaan teh mengacu pada herbal dan bunga yang ditambahkan untuk menarik selera dan aroma. Teh Tisanes mengandung tinggi vitamin C dan antioksidan. Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition menemukan minum tiga cangkir teh dengan tambahan kembang sepatu setiap hari membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi, teh chamomile membuat tidur lebih nyenyak, dan teh peppermint dapat menenangkan perut. (SCI/ dari berbagai sumber)FOTO: HARNEYTEAS.CO.NZ

Baca juga: Jenis-jenis Teh (Bagian 1)