Konsumsi Lemon Saat Flu

By nisa, Senin, 15 Februari 2016 | 17:00 WIB
Konsumsi Lemon Saat Flu (nisa)

      SajianSedap.com – Lemon termasuk dalam kelompok buah sitrus yang mengandung banyak Vitamin C, vitamin B-kompleks, kalsium, zat besi, magnesium, kalium, dan serat. Itu sebabnya, konsumsi lemon saat flu akan memberi segudang manfaat. Selain membantu di saat flu, masih banyak manfaat lain dari lemon.

  1. Mengkonsumsi secangir air panas dengan madu dan lemon setiap 2 jam, dapat menghangatkan badan yang menggigil, flu, pilek dan demam dengan meningkatkan produksi keringat.
  2. Meminum jus lemon 2 kali sehari selama 30 hari dapat memberikan kekuatan tubuh yang lebih besar, peningkatan memori, dan meningkatkan daya tahan.
  3. Membantu melawan infeksi virus. Air lemon hangat adalah cara yang paling efektif mengurangi infeksi virus dan sakit tenggorokan. Jus lemon juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  4. Mengurangi jumlah dahak yang diproduksi oleh tubuh. 
  5. Membantu masalah infeksi dan sakit tenggorokan, karena bersifat antibakteri. Untuk sakit tenggorokan, larutkan 1 ½ buah lemoh ke dalam 1 ½ gelas air, lalu gunakan untuk berkumur.

      Manfaat lain lemon yang baik untuk tubuh adalah membantu meringankan masalah pencernaan (sepeeti mual, kembung, dan mulas) bila dicampur dengan air panas. Rutin minum jus lemon juga dapat membantu melancarkan buang air besar, karena lemon dapat menyembuhkan sembelit.

      Lemon dapat membantu menghasilkan lebih banyak cairan empedu dan juga membantu melarutkan batu empedu. Membantu menurunkan berat badan, dengan mengkonsumsi jus lemon yang dicampurkan air hangat dan madu.

      Lemon dapat pula mengontrol tekanan darah tinggi, memberikan relaksasi untuk pikiran dan tubuh, serta mengurangi stres mental dan depresi. Membantu menyembuhkan gangguan pernapasan untuk penderita asma, dan mengobati rematik juga radang sendi.

      Manfaat lemon berikutnya, bertindak sebagai pembersih darah, seperti saat terkena kolera atau malaria. Dan, membantu meredakan sakit gigi, mengurangi perdarahan dari gusi, bau mulut, serta masalah gigi lainnya. Lemon dan bawang putih juga akan membersihkan kolesterol dalam pembuluh darah sekitar enam minggu.

      Jadi, mulailah konsumsi lemon dari sekarang, karena banyak sekali manfaat yang didapatkan darinya. (SCI/ dari berbagai sumber)FOTO: HOLISTICNETWORKER.COM