Fat Black, Tren Kopi di Inggris

By nisa, Minggu, 14 Februari 2016 | 17:00 WIB
Fat Black, Tren Kopi di Inggris (nisa)

      SajianSedap.com – Beragam jenis kopi disediakan di banyak cafe, coffee shop, atau restoran. Mulai dari Espresso, Machiatto, Latte, dan masih banyak lagi. Tapi, di Inggris ada Fat Black, tren kopi baru.      Fat Black sebenarnya adalah double espresso yang dicampur 1 sdm mentega atau minyak kelapa hingga berbusa. Campuran mentega, kopi, dan minyak akan menghasilkan minuman yang terlihat seperti Latte. Dave Asprey, pengusaha di Amerika Serikat mengatakan minuman ini terinspirasi dari teh mentega di Tibet. Pendaki gunung akan minum teh mentega untuk mendapatkan lemak tinggi, energi dengan rendah karbohidrat, dan menangkal penyakit kronis.

      Asprey menulis di website-nya, “Menambahkan mentega pada kopi membuatnya lebih creamy, dibandingkan secangkir kopi lainnya yang pernah Anda coba. Selain itu minuman mentega ini memberikan manfaat energi, tanpa menimbulkan rasa kantuk pada sore hari. Tinggi lemak dari mentega akan memperlambat waktu yang dibutuhkan bagi tubuh untuk memetabolisme kafein kopi.”. Pemilik Bulletproof Coffee kemudian mempopulerkan minuman tersebut.

      Kopi ini adalah minuman yang disukai orang-orang yang terlibat dalam latihan ekstrim, seperti CrossFit. Banyak orang yang menggunakan minuman ini sebagai pengganti makan, karena menganggap energi dan lemak pada minuman ini membuat sarapan menjadi sempurna, karena dapat membakar kalori, mempercepat metabolisme, memperlambat pencernaan, seklaigus menjaga perut agar tetap kenyang hingga makan siang. Namun, Dr Sally Norton, seorang ahli bedah NHS dan konsultan penurunan berat badan di Inggris mengatakan, "Tidak ada ilmu yang mendukung kopi mentega sebagai cara untuk menurunkan berat badan."

      Secangkir kopi mentega ini seharga $ 50 atau setara Rp. 650.000,-. Asprey menjual kopi menteganya menggunakan kopi organik, mentega dari sapi yang makan rumput, dan minyak kelapa organik. Satu cangkir mentega memiliki 400 - 500 kalori. (SCI/ dari berbagai sumber)FOTO: HUFFINGTONPOST.COM