Dari Pisau Kupas hingga Pisau Pemisah Tulang

By dini, Minggu, 28 Februari 2016 | 17:00 WIB
Dari Pisau Kupas hingga Pisau Pemisah Tulang (dini)

SajianSedap.com - Hendak mengupas mangga, ternyata pisaunya terasa kurang tajam. Padahal, pisau tersebut biasa Anda gunakan untuk memotong. Kenapa?

    Karena pisau untuk mengupas tidak sama dengan pisau untuk memotong. Pisau untuk mengupas biasanya ukurannya lebih kecil jika dibandingkan dengan pisau untuk memotong. Itulah kenapa tangan kita terasa sering pegal saat mengupas wortel. Itu karena pisau yang kita gunakan terlalu besar dan kurang nyaman saat dipakai.

    Supaya upaya Anda memotong, mengupas, atau mengiris tidak melelahkan, kenali dulu jenis-jenis pisau dapur: 

Paring KnifeSering disebut dengan pisau kupas, dengan ukuran sekitar 6 sampai 10 cm. Dengan demikian memudahkan kita untuk mengupas, mencongkel mata kentang, ataupun  mengerat udang.  

Slicing Knife Pisau untuk mengiris atau slicing knife adalah nama yang sering kita dengar di dunia memasak. Pisau ini biasanya memiliki sisi yang tipis atau bergerigi dengan ujung yang tidak meruncing. Bahan-bahan yang biasanya diiris tipis antara lain daging, roti, atau sayur-sayuran.  

Chinese KnifePisau dengan bilah yang lebar biasanya digunakan untuk mememarkan bawang putih atau mencincang. Daging atau sayuran akan lebih mudah dicincang atau dimemarkan menggunakan jenis pisau ini.  

Boning KnifePisau dengan tingkat kelenturan yang tinggi namun dengan ketajaman pada salah satu sisinya. Panjangnya 12 sampai 15 cm, dengan bilah yang tak begitu lebar. Ini memungkinkan untuk memisahkan daging dari tulangnya. Jenis unggas atau ikan sering menggunakan pisau ini untuk memisahkan tulang atau durinya.  

Fillet KnifeTingkat kelenturan pisau fillet ini menyerupai boning knife. Panjang pisau ini sekitar 15 sampai 28 cm. Ini memudahkan untuk mengupas ikan dari duri dan kulitnya.  

Serrated KnifeSerrated knife adalah pisau dengan mata bergerigi. Pisau yang dirancang khusus ini berfungsi untuk mengiris roti atau cake lebih rapi. Bahan-bahan dengan kulit yang licin seperti tomat atau terong juga akan lebih mudah menggunakan jenis pisau ini untuk memotong.

    Setelah tahu jenis-jenis pisau dapur, kini aktivitas Anda di dapur tentu menjadi lebih tepat dan cepat. (RPN/Dari berbagai sumber)

FOTO: AWS.CO