Lebih Segar dengan Buah Pengganti Tomat

By dini, Selasa, 1 Maret 2016 | 17:00 WIB
Lebih Segar dengan Buah Pengganti Tomat (dini)

SajianSedap.com – Saat memasak, Anda pasti sering menambahkan tomat atau jeruk nipis untuk memberikan rasa asam atau segar. Padahal, ada banyak buah dan sayuran yang cocok dipadukan dengan bahan makanan lain dan bisa menghasilkan rasa segar dan asam.

Selain itu, memasak dengan bahan-bahan alami lebih baik daripada menggunakan bahan-bahan penyedap buatan. Contohnya, cuka masak atau saus tomat botolan. Nah, apa saja buah dan sayuran pengganti tomat yang bisa menambah rasa segar?

TomatTomat termasuk buah yang paling populer digunakan untuk  menambah rasa asam dan segar. Tomat, baik yang sudah matang ataupun yang masih mentah, atau tomat hijau, sering dicampurkan dalam masakan tumisan atau sup. Selain itu juga dijadikan lalapan atau salad (Baca resep: Kerang Ijo Masak Tomat).

Belimbing SayurBuah berbentuk bulat lonjong dengan rasa asam ini sering dijadikan manisan. Sementara di Aceh, buah ini dikeringkan menjadi asam sunti. Buah yang telah dikeringkan dapat disimpan dalam waktu yang lama. Asam sunti sering digunakan untuk membuat masakan seperti kuah asam pedas, kari, atau sambal (Baca resep: Pepes Tongkol Belimbing Sayur).

Asam GelugurDisebut juga asam keeping, buah ini dari bentuk luarnya berlekuk-lekuk mirip dengan labu kuning, hanya lebih kecil. Buah yang masih berkerabat dengan manggis ini sering dijadikan penambah rasa asam dalam setiap masakan di daerah Medan. Buah gelugur yang diiris kemudian dijemur ini dapat disimpan dalam waktu yang lama (Baca resep: Kalio Ayam).

Asam KandisPohon asam kandis ini masih berkerabat dengan asam gelugur dan manggis. Buahnya memiliki rasa asam yang segar. Agar dapat digunakan lebih lama, buah asam kandis ini biasanya diawetkan dengan cara dijemur di bawah terik matahari. Rendang adalah salah satu masakan yang menggunakan asam kandis ini (Baca resep: Gurame Asam Padeh).

Asam jawaBuah yang memiliki kulit berwarna coklat ini biasanya digunakan untuk memberikan rasa asam dalam sayur asem, baik dari asam yang muda maupun yang tua. Anda tentu pernah mendengar jamu kunyit asam bukan? Nah, buah asam yang matang inilah yang digunakan untuk membuatnya (Baca resep: Asem-asem Daging).

JerukBuah jeruk seperti jeruk nipis, jeruk limau, atau lemon, memiliki rasa asam yang dapat diandalkan untuk menggantikan cuka. Rasanya yang segar dengan aromanya yang khas terasa sangat pas untuk masakan seperti soto (Baca resep: Tempe Kecap Jeruk Limau).

NanasRasa segarnya sangat menonjol dalam sajian seperti pacri nanas. Tetapi, ternyata nanas cocok dipadukan dengan bahan makanan lain seperti daging sapi, ayam, atau ikan, seperti kari daging sapi atau ayam masak nanas. Selain rasanya yang segar, aroma nanas turut meningkatkan citarasa pada setiap masakan yang menggunakannya (Baca resep: Ikan Masak Kuah Asam).

           Nah, setelah kita tahu buah dan sayuran pengganti tomat, kini Anda tinggal pilih sesuai dengan jenis masakan yang akan Anda buat. (RPN/Dari berbagai sumber) FOTO: TASTE.COM.AU