Pewarna Hitam Alami Bukan Cuma Keluak

By dini, Senin, 7 Maret 2016 | 17:00 WIB
Pewarna Hitam Alami Bukan Cuma Keluak (dini)

      SajianSedap.com - Dulu orang mengenal rawon sebagai makanan berwarna hitam. Kini, makin banyak makanan serbahitam yang bergaya modern, dari mi hitam, es krim hitam, donat hitam, burger hitam, hingga martabak hitam. Sebenarnya bahan apa yang membuat makanan menjadi hitam, dan amankah untuk kesehatan? Berikut pewarna hitam alami yang aman digunakan sebagai pewarna makanan.

Abu Merang

      Dari dulu nenek moyang kita ternyata sudah menggunakan pewarna makanan alami untuk makanan tradisional kita. Ada lagi makanan khas dari Purworejo yaitu cendol ireng (hitam). Merang atau batang padi yang dibakar ternyata menjadi bahan pewarna alami pada kue jongkong Surabaya. Cara menggunakannya sangat mudah, abu merang yang telah diayak, atau air hasil perasan dari abu merang bisa langsung digunakan dalam mengolah makanan.

Tinta Cumi

     Anggapan bahwa tinta cumi harus dibuang karena dianggap jorok atau menjadikan masakan kotor ternyata tidak terbukti kebenarannya. Selain memiliki kandungan yang baik untuk tubuh dan menambah aroma masakan, tinta cumi juga dapat dijadikan sumber pewarna hitam yang alami. Tinta dari cumi yang berwarna hitam ini biasanya digunakan dalam membuat mi hitam. Bahkan kini sudah diproduksi tinta cumi siap pakai yang bisa diperoleh di toko-toko online.

Arang Bambu

     Sekarang ini sudah banyak di pasaran arang bambu yang bisa digunakan untuk pewarna makanan. Kandungan arang alaminya sangat baik untuk penyerapan racun dalam tubuh. Arang bambu dijual dalam bentuk batangan atau bubuk. 

Keluak

      Keluak atau kepayang (Pangium edule) memang memiliki warna hitam. Masakan-masakan yang menggunakan keluak adalah rawon, brongkos, atau sop konro. Cara menggunakannya sangat mudah, setelah keluak dikeluarkan dari kulit cangkangnya yang keras, bisa langsung digunakan dengan cara dihaluskan dengan bumbu yang lain.    

    Ternyata ada beberapa pilihan pewarna makanan hitam alami yang bisa kita gunakan dan tentu tidak membahayakan. Justru, bahan aktifnya dapat menyerap racun atau zat berbahaya dalam tubuh. Nah, kini Anda tinggal pilih saja pewarna hitam alami yang ingin digunakan untuk membuat makanan. (RPN/dari berbagai sumber)

FOTO: LOSYZIEMI.PL