Mengatasi Masakan yang Terlanjur Pedas

By dini, Minggu, 6 Maret 2016 | 17:00 WIB
Mengatasi Masakan yang Terlanjur Pedas (dini)

      SajianSedap.com – Dalam resep tertera lima buah cabai rawit. Namun standar pedas setiap cabai rawit bervariasi, dan tingkat penerimaan lidah kita terhadap rasa pedas juga berbeda. Jadi, bagaimana cara mengatasi masakan yang terlanjur pedas, atau terlalu pedas untuk lidah kita? Yuk, coba atasi dengan cara dibawah ini.

Menambah rasa manis.

      Bahan atau bumbu masakan dengan citarasa yang manis dapat mengurangi hasil masakan yang terlalu pedas. Bahan-bahan dengan sumber rasa manis di antaranya gula pasir, gula merah, madu, atau kecap manis. Perhatikan jumlahnya saat menambahkan bahan-bahan tersebut agar tidak mengubah rasanya.

Menambah rasa asam.

      Masakan yang terlalu pedas dapat dikurangi dengan menambah rasa asam pada masakan. Bahan-bahan seperti potongan nanas, air jeruk nipis, cuka, buah asam, potongan tomat merah, tomat hijau, atau jenis tomat lain, mampu mengurangi rasa yang terlalu pedas.

Menambah susu atau olahannya.

      Kenapa susu dan olahannya seperti yoghurt  dapat mengurangi rasa pedas pada masakan? Selain kandungan lemaknya, susu juga mengandung kasein dan capsaicin yang dapat mengurangi rasa pedas.

Menambah bahan cair.

      Menambahkan bahan cair seperti kaldu atau susu cair ke dalam masakan akan mengurangi level pedasnya. Perlu diingat, jangan menambahkan susu atau air terlalu banyak karena masakan akan berubah menjadi hambar. Jika sudah terlanjur hambar, masukkan sedikit gula dan garam untuk mengembalikan rasanya.

Menambah potongan sayur.

       Pilihlah sayur-sayuran yang banyak kandungan gula alaminya, seperti kentang, wortel, ketimun, atau jenis sayuran lainnya. Tambahkan secukupnya saja agar komposisi dari sayur yang Anda buat tetap terjaga.

      Kini tak perlu cemas lagi jika masakan Anda terlanjur pedas. Solusi di atas dapat menjadi pilihan Anda. (RPN/ dari berbagai sumber)

FOTO: DAB AND DINING