Mau, Durian Rendah Kolesterol?

By dini, Kamis, 10 Maret 2016 | 17:00 WIB
Mau, Durian Rendah Kolesterol? (dini)

      SajianSedap.com – Kabar gembira untuk Anda yang menggemari durian, namun tak ingin mengalami kolesterol tinggi. Atau, ingin menikmati durian namun tak tahan dengan aromanya yang tajam. Karena, ada alternatif durian yang rendah kolesterol. Cobalah buah Lai, yang mirip sekali dengan durian, tetapi tidak memiliki aroma yang tajam dan tidak mengandung kolesterol yang tinggi.

      Lai sebenarnya tanaman buah yang masih berkerabat dengan durian. Nama lainnya adalah durian kuning, durian tinggang, pulu, nyekak, ruas, sekawi, pekawai, pampakan, pamapakin, atau Eali, dengan nama ilmiah Durio kutejensis. Walaupun pohonnya mirip dengan durian, namun daunnya berukuran yang lebih lebar dan tebal. Duri pada kulit durian Lai juga tak setajam durian pada umumnya.

      Buah Lai hanya terdapat di Kalimantan, tepatnya Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan sebagian Kalimantan Tengah. Buahnya sendiri sangat mirip dengan durian, warnanya dari kuning cerah, jingga, sampai kemerahan. Dari segi ukuran, durian Lai lebih kecil daripada durian biasa.

      Bentuknya pun sedikit berbeda. Jika durian memiliki bentuk bulat oval atau lonjong, durian Lai bulat dan lebih melebar ke samping dengan batang buah yang lebih besar. Beratnya berkisar 1 sampai 2 kilogram saja. Warna kulit buah Lai yang masih mentah berwarna hijau dan menguning, atau kecoklatan saat sudah matang.

      Rasa dan tekstur buah ini juga tak sama seperti buah durian pada umumnya. Teksturnya tidak basah atau lembek, melainkan lebih kering, lebih mendekati ubi kuning atau buah nangka yang matang. Rasanya pun tak semanis durian yang kita kenal.

      Menurut para pedagang durian Lai dan beberapa orang yang telah mencobanya, menikmati durian lain sampai beberapa biji tidak akan menyebabkan mabuk atau pusing. Ini membuktikan bahwa buah Lai aman dikonsumsi untuk penderita kolesterol. Bagi Anda penggemar durian, tak ada salahnya mencoba durian yang rendah kolesterol ini. (RPN/dari berbagai sumber)

FOTO: KONSUMENPEDULI.NET