Sarapan Sederhana dan Sehat yang Cepat Dibuat

By dini, Kamis, 10 Maret 2016 | 17:00 WIB
Sarapan Sederhana dan Sehat yang Cepat Dibuat (dini)

      SajianSedap.com – Sarapan merupakan sumber energi untuk beraktivitas di pagi hari. Biasakan menikmati sarapan sebelum beranjak dari rumah, terlebih untuk anak yang masih sekolah. Menu sarapan sederhana namun sehat dapat Anda sajikan di tengah waktu yang terbatas.

      Maksimalkan bahan-bahan yang selalu tersedia di lemari es, seperti buah-buahan dan sayuran. Bahan lain seperti telur, keju, susu, oatmeal, madu, selai, dan roti menjadi sangat penting sebagai sumber protein dan energi.  Dengan adanya bahan-bahan tersebut, Anda tak butuh waktu lama untuk menyiapkan sarapan sehat seperti berikut ini:

Omelette

      Telur dadar yang biasanya digoreng dengan frying pan atau wajan dadar, dapat Anda matangkan dengan menggunakan microwave. Telur yang dikocok dalam mug dengan sedikit tambahan garam, keju, susu cair, atau potongan daging asap, akan siap dalam 2 menit saja. Potongan buah seperti tomat dan roti panggang dapat melengkapi penyajiannya.

Oatmeal dengan buah

      Membuat oatmeal tak membutuhkan waktu yang lama seperti menyiapkan nasi goreng. Cukup seduh biji oats dengan air panas, kemudian tambahkan sedikit madu. Masukkan juga potongan buah seperti pisang, strawberry, atau alpukat untuk menjadi sarapan sederhana yang sehat.

Roti isi

      Bosan dengan roti isi keju atau selai buah? Isi roti dengan ikan tuna siap pakai serta beberapa potong tomat, daun selada, dan keju lembaran. Atau, tumbuk buah alpukat untuk dijadikan olesan. Tambahkan sedikit minyak zaitun agar makin terasa creamy. Untuk menu yang lebih mengenyangkan, olesi roti gandum dengan selai kacang, lalu tambahkan potongan pisang.

Jus buah

      Jus buah ternyata sangat sehat untuk menu sarapan sederhana yang sehat. Syaratnya, jangan memilih jus siap pakai. Buat sendiri jus buah agar dapat mengurangi takaran gulanya. Misalnya, pilih pisang yang memiliki kandungan vitamin dan karbohidrat yang baik untuk menambah energi. Tambahkan madu dan susu, kemudian blender sampai lembut dan sajikan dengan sereal. Menu ini dapat didampingi dengan telur rebus setengah matang.

Pancake atau crepe

      Membuat pancake atau crepe sangat mudah dan cepat. Siraman madu, atau selai cokelat dan potongan buah seperti, pisang, strawberry, atau alpukat dapat Anda tambahkan sebagai topping. Hindari menggunakan maple syrup terlalu banyak atau terlalu sering untuk mengurangi kadar gula yang tinggi.

      Beberapa contoh menu sarapan sederhana dan sehat di atas dapat Anda kembangkan menjadi lebih variatif agar menu sarapan tidak lagi membosankan dan yang penting tetap sehat. (RPN/dari berbagai sumber)

FOTO: WELLPLATED