Masakan Lezat Berbahan Rebung

By dedeayu, Senin, 14 Maret 2016 | 17:00 WIB
Masakan Lezat Berbahan Rebung (dedeayu)

       SajianSedap.com – Pas kiranya jika musin hujan seperti sekarang ini mengolah rebung. Sebab, tunas-tunas rebung memang banyak bermunculan saat musin pengujan. Selain harganya cukup terjangkau, berbagai variasi masakan dapat tercipta dari bambu yang masih muda ini. Berikut beberapa masakan berbahan rebung yang dapat dicoba.

Lumpia Semarang

      Camilan berbungkus kulit lumpia ini terbuat dari rebung yang diiris berbentuk batang korek api dan dimasak bersama udang, telur, serta bumbu. Rasanya yang gurih sangat pas dinikmati dengan cabai rawit hijau dan siraman saus dari bahan gula merag, serta lokio dan acar ketimun sebagai pelengkapnya.

Gulai Rebung Padang

      Padang memang terkenal dengan masakan bersantannya. Selain rending, gulai adalah masakan yang paling dicari.  Gulai rebung memiliki rasa yang tidak kalah nikmat dengan gulai otak atau gulai kepala ikan.

Lodeh Rebung

      Di Jawa Tengah sajian bernama lodeh memang sangat terkenal. Masakan berkuah santan dengan bumbu ebi atau udang kering ini sangat pas dinikmati dengan sambal terasi dan ikan asin.

Gudeg Rebung

      Walaupun gudeg biasanya terbuat dari buah nangka muda, tapi di Solo ada juga gudeg yang terbuat dari rebung. Bumbu yang digunakan sama, hanya nangka diganti dengan rebung. Teksturnya lebih renyah, lain dengan nangka yang memiliki tektur lebih lembut atau lunak.

Gangan Rebung

      Gangan yang berarti sayur atau masakan berkuah, dinikmati dengan nasi atau potongan ketupat. Gangan rebung ini sangat terkenal di Kalimantan. Selain rebung, gangan juga menggunakan daun katuk, kacang panjang, dan labu siam.

Gulai Rebung Asam

      Bambu muda di Bengkulu biasanya dijadikan gulai rebung asam. Rasa segar dari asam kandis yang digunakan di dalamnya membedakannay dengan rasa gulai dari daerah lainnya. Bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, kunyit, dan garam, tidak perlu ditumis, cukup langsung dimasukkan ke dalam santan yang direbus. Tambahan ikan bawal atau kakap, serta kuah santannya yang kental, masakan ini terasa lebih gurih. (RPN/ dari berbagai sumber)

FOTO: AFRESHPRODUCE.COM.AU