Ini Bedanya Ayam Kampung dan Ayam Negeri

By nisa, Minggu, 27 Maret 2016 | 17:00 WIB
Ini Bedanya Ayam Kampung dan Ayam Negeri (nisa)

      SajianSedap.com – Hingga saat ini ayam masih menjadi sumber protein hewani yang banyak disukai orang banyak. Selain mudah ditemui, cara mengolahnya pun juga mudah. Namun, ada dua pilihan jenis ayam, yakni ayam kampung dan ayam negeri. Berikut ini penjelasan bedanya ayam kampung dan ayam negeri.Ayam Kampung       Ayam kampung hanya diberi makanan alami, seperti dedak, sisa nasi, dan sisa gilingan jagung, serta tanpa melibatkan bahan kimia atau obat tertentu. Bobot ayam kampung baru akan mencapai 1,5 kg dalam waktu 30 minggu. Kandungan gizi ayam kampung, yakni energi 246 kkal, protein 37,9 gr, dan lemak 9 gr. Berikut lebih jelasnya ciri-ciri ayam kampung:

Ayam Negeri       Ayam negeri memiliki pertumbuhan yang sangat cepat. Untuk mencapai bobot 1,5 kg, ayam negeri cukup menempuh waktu sekitar 5 hingga 7 minggu. Dari segi nutrisi, ayam negeri memiliki energi dan lemak yang lebih banyak dibandingkan ayam kampung. Kandungan gizi ayam negeri, yakni energi 295 kkal, protein 37 gr, dan lemak 14,7 gr. Ayam negeri lebih cocok dimasak dengan teknik mengukus, merebus, memanggang, atau menumis, karena jika digoreng akan makin meningkatkan kandungan lemak dalam ayam. Berikut lebih jelasnya ciri-ciri ayam negeri:

       Sudah tahu, kan, sekarang bedanya ayam kampung dan ayam negeri? Jadi, jangan salah pilih lagi ya ketika berbelanja di pasar tradisional maupun supermarket. (SCI/ dari berbagai sumber)FOTO: MEATEXCHANGEINC.COM