Mengolah Lidah Sapi

By dedeayu, Minggu, 27 Maret 2016 | 17:00 WIB
Mengolah Lidah Sapi (dedeayu)

       SajianSedap.com – Bahan dasar untuk membuat sate Padang atau bistik yang memiliki rasa istimewa ini, cara mengolahnya tidak seperti daging pada umumnya. Sebab, lidah sapi memiliki kulit luar yang harus dibuang terlebih dahulu, tidak boleh masuk dalam penyajian. Kulit luar ini memiliki tekstur yang kasar seperti ampelas, dan tidak enak dimakan. Nah, cara berikut dapat memandu Anda dalam mengolah lidah sapi dengan baik.

Memilih Lidah Sapi

      Pilih lidah sapi dengan aroma yang khas dan segar. Pegang lidah sapi dan yakinkan bahwa lidah sapi ini memiliki tekstur yang kenyal. Tekan lidah sapi dengan jari dan pastikan posisinya kembali seperti semula atau masih lentur. Jika ditekan tidak kembali seperti semula, itu menandakan lidah sapi sudah tidak segar.

Perebusan Lidah Sapi

      Perebusan lidah sapi dilakukan sebanyak dua kali. Perebusan pertama berfungsi untuk memudahkan dalam proses pengupasan kulit luar lidah sapi. Waktu yang dibutuhkan dalam perebusan pertama ini kurang lebih 20 menit. Dalam perebusan pertama ini boleh ditambahkan daun salam, jahe, dan serai yang sudah dimemarkan agar lidah lebih beraroma. Sebelum direbus ada baiknya lidah sapi sedikit disayat atau ditores dengan ujung pisau, dan dicuci dibawah air mengalir hingga bersih. Menyayat atau menores lidah ini berfungsi untuk memudahkan saat pengupasan nantinya.

      Perebusan kedua adalah untuk mengempukkan atau mematangkan lidah sapi sebelum dimasak dengan bumbu yang diinginkan. Lama perebusan kedua tergantung panci yang digunakan. Jika menggunakan panci presto cukup memerlukan waktu 7 sampai 10 menit dihitung dari panci mulai mendidih atau mengeluarkan uap panasnya. Jika menggunakan panci biasa memerlukan waktu kurang lebih 45 menit dengan panci tertutup.

Mengolah Lidah Sapi

      Untuk diolah menjadi sate Padang lidah sapi yang telah direbus tadi dapat dipotong sesuai dengan bentuk dan ukuran untuk sate padang. Jangan memotongnya terlebih dulu sebelum direbus. Ini akan berakibat potongan lidah menjadi menyusut dan mengecil. Sate Padang dengan ukuran potongan yang terlalu kecil menjadikannya terlalu kering dan kurang enak dinikmati.

      Sementara itu, untuk dijadikan bistik lidah sapi, saat perebusan yang kedua usahakan lidah sapi jangan terlalu empuk. Sebab, setelah perebusan kedua, potongan lidah sapi akan melewati proses pematangan dan peresapan bumbu. Proses ini memerlukan waktu yang cukup lama. Jika lidah sapi yang digunakan sudah terlalu empuk hasil akhir dari bistik akan menjadi lembek dan kurang bagus untuk disajikan. (RPN/ dari berbagai sumber)

FOTO: SMITHMEADOWS.COM