Trik Menyimpan Bahan Makanan Agar Lebih Awet

By nisa, Kamis, 2 Juni 2016 | 17:00 WIB
Trik Menyimpan Bahan Makanan Agar Lebih Awet (nisa)

      SajianSedap.com – Terlalu banyak belanja bahan makanan dan takut cepat busuk? Yuk, simak trik menyimpan bahan makanan berikut ini! Agar bahan makanan lebih awet.

  1. Simpan bawang bombay di dalam stoking dan jepit tiap satu buah, lalu digantung. Maka, akan bertahan hingga 8 bulan.
  2. Letakkan irisan daun bawang dalam botol plastik. Pastikan irisan daun bawang benar-benar kering dan tidak basah sama sekali.
  3. Letakkan rempah daun segar (peterseli, daun kemangi, daun ketumbar, dan daun bawang) yang masih menempel dengan batang ke dalam wadah, lalu tutup dengan plastik, rekatkan dengan karet gelang, dan dinginkan. Jangan sampai ada udara yang masuk.
  4. Campurkan cuka dan air dengan perbandingan 1:10. Rendam buah di dalamnya beberapa saat, tiriskan, bilas, dan simpan di dalam lemari pendingin. Dengan cara ini raspberi akan bertahan hingga 1 minggu, dan stroberi hingga 2 minggu.
  5. Tambahkan setetes mentega atau minyak ke potongan keju, agar keju tidak mengering. Atau, bungkus keju dengan kertas keju atau kertas lilin, lalu masukkan ke dalam kantong plastik.
  6. Bungkus seledri, brokoli, dan daun selada dengan kertas aluminium sebelum di letakkan di dalam lemari pendingin. Maka, akan bertahan lebih dari 4 minggu.
  7. Panggang kacang dengan suhu 177°C selama 15 menit. Lalu, setelah itu simpan kacang di dalam freezer.
  8. Simpan jahe di dalam kulkas, dan keluarkan sesaat akan digunakan.Letakkan susu pada bagian tengah kulkas, jangan letakkan di pintu. Karena, pintu kulkas memiliki suhu yang berubah ketika kulkas dibuka dan ditutup. Suhu yang berubah-ubah akan membuat susu cepat basi/rusak. (SCI/dari berbagai sumber)

FOTO: LIVELOVESUSTAIN.COM