Langkah Menggunakan Sumpit Yang Benar

By nisa, Kamis, 2 Juni 2016 | 17:00 WIB
Langkah Menggunakan Sumpit Yang Benar (nisa)

      SajianSedap.com – Negara-negara di Asia Timur, seperti Jepang, Cina, Taiwan dan Korea menggunakan sumpit sebagai alat makan utama. Tidak hanya di negara tersebut Anda akan menemukan dan menggunakan sumpit.       Di restoran khas negara-negara Asia Timur Anda akan menemukan sumpit. Agar Anda tidak salah menggunakannya, simak langkah menggunakan sumpit dengan benar berikut ini.

  1. Ambil satu buah sumpit dan letakkan di antara jari tengah dan pangkal ibu jari. Sumpit ini tidak harus bergerak saat digunakan untuk makan, cukup dipegang saja untuk menyangga makanan agar tidak terjatuh. Pegang sumpit seakan-akan Anda sedang memegang pensil atau pulpen, tapi pegang sumpit hampir ke bagian tengahnya.
  2. Masukkan satu buah sumpit lain di antara jari telunjuk dan ibu jari. Sumpit satu ini yang digerakkan saat mengambil atau meletakkan makanan. Letakkan di atas sumpit pertama. Pastikan ujung bawah bertemu satu sama lain, agar bisa menjepit makanan.
  3. Saat menggunakan sumpit, pastikan ujung bawah sumpit tidak membentuk huruf X. Dengan hal ini akan membuat Anda kesulitan saat mengambil makanan. Untuk menggunakan sumpit, cukup sumpit yang di bagian atas saja yang digerakkan. Sumpit digerakkan menggunakan telunjuk dan jari tengah. Ibu jari hanya menyangga agar sumpit tidak terjatuh saat digunakan.
  4. Saat menggunakan sumpit untuk mengambil makanan, usahakan pada sudut 45°. Pada saat pertama kali menggunakan sumpit pasti Anda akan mendapatkan kesulitan. Namun jangan menyerah, terus ulangi langkah yang sama. Lama kelamaan pasti Anda akan terbiasa untuk menggunakan sumpit. Sehingga Anda bisa menggunakan sumpit pada jenis makanan apapun, baik nasi maupun mie. (SCI/dari berbagai sumber)

FOTO: MP3NIL.ONLINE