Makanan Renyah Dengan Panko dan Tepung Roti

By nisa, Jumat, 3 Juni 2016 | 17:00 WIB
Makanan Renyah Dengan Panko dan Tepung Roti (nisa)

      SajianSedap.com - Panko dan tepung roti biasa digunakan untuk makanan. Fungsinya agar makanan memiliki tekstur renyah, baik untuk makanan yang digoreng maupun yang dipanggang. Namun, adakah perbedaan antara keduanya? Berikut penjelasannya. 

Panko

      Panko merupakan jenis tepung roti dengan tekstur kasar, banyak digunakan pada masakan Asia terutama Jepang. Jika tepung roti bisa dibuat dari beragam jenis roti, panko hanya bisa dibuat dari roti putih.

      Kini, panko tidak hanya banyak digunakan pada masakan jepang. Namun, sudah banyak masakan barat yang menggunakan panko. 

      Ada dua jenis panko, yakni panko putih yang dibuat dari roti tanpa pinggiran, dam panko tan yang dibuat dari seluruh bagian roti. Roti dihancurkan menjadi remahan dan kemudian dikeringkan. 

      Panko sangat ringan dengan tekstur yang lembut, sehingga membuat makanan menjadi renyah. Remah panko juga lebih besar dibandingkan tepung roti. Panko sangat cocok untuk dibuat menjadi gorengan lebih renyah dan garing, karena sangat sedikit menyerap minyak dan lemak. Panko tidak akan merusak rasa makanan, karena rasanya tawar.

      Selain itu, panko juga dapat digunakan untuk memberikan kesan renyah pada makanan yang dipanggang, seperti mac and cheese. Cukup taburi sedikit panko agar makanan panggang memiliki tekstur renyah. Panko juga bisa digunakan sebagai bahan pengikat pada bakso. 

Tepung Roti

      Tepung roti bisa dibuat dari beragam, jenis roti, tidak hanya roti putih saja. Tekstur tepung roti lebih halus dan remah tepung roti tidak terlalu besar seperti panko. Anda dapat membuat tepung roti sendiri di rumah. Cukup haluskan roti yang sudah kering dan ayak. 

      Sementara panko dijual dalam rasa polos tanpa bumbu apapun, beberapa tepung roti ada yang dijual dengan menambahkan bumbu. Penggunaan tepung roti sama seperti panko, yakni sebagai pelapis gorengan, topping renyah untuk makanan panggang, dan bahan pengikat pada bakso atau daging burger. (SCI/dari berbagai sumber)

FOTO: YOUTUBE.COM/JAMILACUISINE77