Kulkas Mini: Simpel, Useful, dan Hemat

By dedeayu, Senin, 6 Juni 2016 | 17:00 WIB
Kulkas Mini: Simpel, Useful, dan Hemat (dedeayu)

       SajianSedap.com – Saat berpuasa, tubuh banyak kehilangan cairan dan berbagai asupan lain yang berfungsi memasok energi untuk beraktivitas. Itu sebabnya, ketika waktu berbuka tiba, menyantap kudapan yang mengandung banyak air dan manis sangat disarankan, agar cairan tubuh dan energi cepat kembali normal. Biasanya sajian berbahan dasar buah-buahan paling sering dipilih. Supaya lebih nikmat saat disantap, banyak orang memasukkan dulu kudapan tersebut ke dalam kulkas, beberapa jam sebelum waktu berbuka tiba. Pun ketika kudapan tersebut tidak habis disantap, maka akan dimasukkan kembali ke dalam kulkas supaya awet dan tetap segar saat disantap kembali.      Ya, kulkas memang sudah menjadi barang wajib yang harus ada di setiap rumah. Perlengkapan elektronik rumah tangga ini terbukti sangat membantu menyimpan makanan dan minuman.       Ada bermacam kulkas dengan teknologi canggih yang ditawarkan di mana-mana, tapi belakangan kulkas mini yang berukuran lebih kecil dibandingkan kulkas standar, lebih diminati. Sebab, meski kulkas starndar bisa menampung lebih banyak stok makanan dan minuman, namun sebenarnya tidak semua rumah membutuhkan kulkas standar. Misalnya saja untuk rumah kecil yang luas ruangannya terbatas. Kulkas standar tidak hanya menghabiskan ruangan, tapi juga menyedot banyak energi listrik.      Jika Anda termasuk yang sedang membutuhkan kulkas mini, coba lihat koleksi kulkas-kulkas mini di MatahariMall. Kulkas mini yang ditawarkan bervariasi, mulai dari 40 liter hingga 70 liter. Kulkas-kulkas mini tersebut sangat mudah dipindah-pindahkan atau ditempatkan di mana saja, termasuk di dalam kamar atau di lantai atas khusus untuk menyimpan minuman dan makanan ringan, seperti sajian berbahan dasar buah-buahan untuk berbuka puasa. Apalagi dengan promo Petasan Lebaran yang sedang diadakan oleh MatahariMall saat ini, harga kulkas mini ditawarkan berkisar 1,5 juta rupiah saja.       Oh iya, selain kulkas mini untuk pemakaian rumahan, MatahariMall juga menghadirkan kulkas mini USB yang cocok dibawa dalam perjalanan, seperti saat mudik Lebaran nanti. Kulkas mini USB sangat praktis dengan ukurannya yang super mini, dan tidak perlu sumber daya seperti kulkas biasa. Kulkas mini USB tidak memerlukan driver (plug & play), tidak perlu baterai, tidak perlu charging, serta suhu dingin (max) 12° Celcius setelah 30 menit. Ssst…, selain untuk mendinginkan, kulkas mini USB juga bisa digunakan untuk memanaskan, lho! Pokoknya, useful banget buat diperjalanan.       Well, baik lagi ke soal kudapan yang manis dan segar untuk berbuka puasa, apakah Anda sudah punya ide untuk membuatnya? Kalau belum, resep-resep kudapan berbahan dasar mangga berikut ini mungkin bisa jadi referensi.

 Mango Sticky Rice

Kulkas Mini: Simpel, Useful, dan Hemat

Untuk 6 porsi

Bahan-bahan:400 gram beras ketan, rendam 1 jam, kukus 15 menit200 ml santan dari 1/2 butir kelapa 1 sendok teh garam 2 lembar daun pandan 3 buah mangga matang, potong potong untuk pelengkapBahan Saus:500 ml santan dari 1/2 butir kelapa100 gram gula pasir1 lembar daun pandan 1/2 sendok teh garam 1 sendok makan maizena dilarutkan bersama 1 sendok makan airCara Membuat Mango Sticky Rice:1.    Ketan, rebus santan, garam, dan daun pandan sampai mendidih. Masukkan ketan ke dalam rebusan santan. Aduk sampai terserap.2.    Kukus di atas api sedang 30 menit sampai matang. Angkat. 3.    Saus, rebus santan, gula, daun pandan, dan garam sambil diaduk sampai mendidih. Masukkan larutan maizena. Aduk  hingga meletup-letup.4.    Sajikan ketan bersama saus dan mangga.

Rujak Gohu Mangga

Kulkas Mini: Simpel, Useful, dan Hemat

Untuk 5 porsi

 Bahan-bahan:500 gram mangga indramayu muda, kupas, potong korek api300 gram gula pasir 500 ml air 2 cm jahe, bakar, buang kulitnya, memarkan 2 buah cabai merah keriting, diblender halus2 sendok teh cuka 400 gram es batu untuk pelengkap Cara Membuat Rujak Gohu Mangga:1.    Rendam mangga di dalam 500 ml air, 1 sendok teh garam, dan 1 sendok teh air kapur sirih 30 menit. Tiriskan. Sisihkan. 2.    Rebus gula pasir, air, jahe, dan cabai merah sampai kental. Tambahkan air cuka. Dinginkan.3.    Rendam parutan mangga di dalam sirup gula yang sudah dingin. Biarkan semalaman di dalam lemari es.4.    Sajikan es mangga bersama es batu.

Mango Pudding

Kulkas Mini: Simpel, Useful, dan Hemat

Untuk 14 gelas

 Bahan Pudding I:1.000 ml susu cair 250 ml jus mangga 250 gram mangga arum manis, diblender halus1 bungkus agar-agar bubuk 1/2 sendok makan jeli bubuk 175 gram gula pasir Bahan Pudding II:600 ml air 1/2 bungkus agar-agar bubuk 1/2 sendok teh jeli bubuk 100 gram gula pasir 1/4 sendok teh garam 250 gram mangga diirisCara Membuat Mango Pudding:1.    Puding I, campur susu cair, jus mangga, agar-agar, jeli bubuk, dan gula. Masak sambil diaduk hingga mendidih.2.    Tambahkan blenderan mangga. Aduk hingga mendidih.3.    Tuang ke dalam gelas hingga tingginya  ¾ gelas. Biarkan setengah beku. Tata mangga di atas puding I. 4.    Puding II, campur air, agar-agar, jeli bubuk, gula, dan garam. Masak sambil diaduk hingga mendidih.Tuang di atas puding I. Bekukan.