Buka Puasa dengan Gantala Jarang

By nisa, Sabtu, 18 Juni 2016 | 17:00 WIB
Buka Puasa dengan Gantala Jarang (nisa)

      SajianSedap.com - Sulawesi Selatan punya menu berbuka puasa yang unik dengan cita rasa asin, lho. Namanya Gantala Jarang. Seperti apa lewatnya Gantala Jarang? Simak ulasannya berikut ini.       

       Gantala Jarang atau sering disebut juga dengan nama Gantal/Ganja, adalah makanan tradisional khas warga Pammanjengan, Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Tidak hanya lezat, hidangan yang satu ini juga pas dijadikan sebagai menu berbuka puasa.

       Uniknya lagi dari hidangan yang satu ini adalah menggunakan daging dan tulang kuda sebagai bahan utamanya. Tulang dan daging kuda yang sudah dipotong-potong, kemudian direbus dalam panci khusus. Panci khusus yang digunakan biasanya terbuat dari potongan drum.

       Tulang dan daging kuda hanya direbus dengan tambahan garam kasar dan bumbu dari akar kayu. Waktu yang dibutuhkan untuk menebusnya pun cukup lama. Walaupun menggunakan bumbu dan cara pengolahan yang sederhana, rasa dan aroma hidangan yang satu ini sangat khas.

       Tidak hanya sebagai menu berbuka puasa, Gantala Jarang juga menjadi salah satu makanan yang harus ada dalam acara, misalnya pesta perkawinan. Gantala Jarang bisa disantap bersama dengan nasi atau ketupat. Dan jangan main-main, hidangan ini juga dipercaya sebagai obat anti tetanus dan dapat membangkitkan gairah vitalitas pria dewasa.       Hhhmmm cukup unik ya menu berbuka puasa khas Jeneponto, Sulawesi Selatan tersebut. Anda tertarik untuk mencobanya untuk berbuka puasa bersama keluarga nanti? (SCI/ dari berbagai sumber)

FOTO: BACKPACKSTORY.COM