Penggunaan dan Pemilihan Bahan Untuk Kue Kering

By nisa, Kamis, 30 Juni 2016 | 17:00 WIB
Penggunaan dan Pemilihan Bahan Untuk Kue Kering (nisa)

      SajianSedap.com -  Ingin menyajikan kue kering yang lezat dan renyah? Yuk, simak ulasannya tentang penggunaan dan pemilihan bahan untuk kue kering berikut ini.

  1. Penggunaan margarin membuat kue kering kurang kaya rasa dan terasa ngedal di mulut, bila waktu pengocokkan kurang lama.
  2. Penambahan susu bubuk sedikit lebih banyak pada kue yang menggunakan banyak margarin, bertujuan agar menambah sedikit rasa kue kering.
  3. Penggunaan mentega membuat kue kaya rasa, namun teksturnya menjadi rapuh. Oleh karena itu, cara yang paling tepat adalah mencampurkan mentega dan margarin. Agar kue tidak rapuh, tapi kaya rasa.
  4. Ketika menggunakan mentega, sebaiknya dalam keadaan beku. Karena jika tidak, mentega akan mencair saat dikocok.
  5. Gula yang digunakan saat pembuatan kue kering biasanya adalah gula pasir atau gula tepung. Penggunaan gula tepung tidak bisa digantikan dengan gula pasir. Karena, gula tepung mengandung sedikit gula tepung untuk membuat gula tidak menggumpal. Jadi, pastikan Anda menggunakan gula sesuai dengan saran resep.
  6. Umumnya, tepung yang digunakan untuk membuat kue kering adalah tepung terigu atau tepung sagu. Terkadang juga menambahkan tepung maizena, untuk menambah kerenyahan kue kering. 
  7. Untuk menghasilkan kue yang renyah, pilih tepung terigu dengan protein rendah. Untuk menghasilkan kue yang mawur, seperti nastar, gunakan tepung terigu protein sedang.
  8. Tepung sagu digunakan dalam pembuatan kue kering sagu. Sagu masih mengandung air, sehingga sebaiknya tepung sagu disangrai terlebih dahulu di atas api kecil sekitar 10 menit sebelum digunakan.
  9. Bahan pengembang yang digunakan pada kue kering biasanya adalah soda kue atau baking powder, yang berfungsi untuk mengembangkan kue kering. Sehingga kue menjadi renyah. Bahan ini sebenarnya tidak perlu digunakan, jika Anda sudah banyak menggunakan mentega dalam adonan.
  10. Penggunaan bahan tambahan lain, seperti kacang, buah-buahan, keju, cokelat, atau bahan aromatik pada kue kering, bertujuan menciptakan beragam variasi rasa dan aroma kue kering.

      Ya, itulah beberapa cara penggunaan dan pemilihan bahan untuk kue kering. Dengan penggunaan dan pemilihan bahan yang tepat, pasti akan menghasilkan kue kering yang lezat dan renyah. (SCI/ SP – Sedap Saji)FOTO: COMMONS.WIKIMEDIA.ORG