Penataan Meja Gaya Shabby Chic

By nisa, Senin, 4 Juli 2016 | 17:00 WIB
Penataan Meja Gaya Shabby Chic (nisa)

      SajianSedap.com – Penataan meja gaya shabby chic merupakan perpaduan antara penataan vintage dan modern. Acara silaturahim yang ringan sangat cocok menggunaan penataan meja gaya ini. Warna pastel yang lembut dipadu dengan perangkat saji warna-warni, menimbulkan kesan akrab di antara para tamu. Hidangkan sajian ringan yang tidak mengenyangkan, tetapi lezat dan menggiurkan.      Berikut langkah penataan meja gaya shabby chic:

  1. Pilih taplak meja dengan motif bunga warna pastel, maka akan memperlihatkan gaya vintage yang sangat nyata. Sementara gaya modern akan terlihat dari perangkat saji yang digunakan. Inilah gaya shabby chic, yakni perkawinan vintage dan modern.
  2. Penambat pandang tatanan ini adalah tempat lilin memanjang yang dipadu bunga-bunga yang cocok dengan gaya ini seperti baby breath, carnation, dan mawar merah muda. Tempat kue yang bertingkat, bergaya kuno ikut membuat tatanan tidak flat.
  3. Perhatikan cincin serbet cantik modern yang digunakan di atas piring dengan warna senada. Bentuknya simpel sehingga tidak menjadi perhatian penting, tapi akan mempermanis tatanan meja.
  4. Meski tempat lilin cukup panjang, tapi tidak terasa membosankan karena di bagian depan terdapat banyak ornamen pendukung tatanan meja ini. Misalnya, toples-toples kuno yang diisi bunga mawar, sebagai pengganti vas bunga.
  5. Wadah kue bertingkat dengan aksen kuno bisa diisi snack ringan yang juga kuno, sehingga akan memperkuat tatanan shabby chic.
  6. Hidangan yang cocok untuk tatanan meja ini adalah hidangan western, seperti pasta atau salad.
  7. Jangan takut memadukan warna saat memilih perangkat saji, yang penting senada dan cocok.
  8. Untuk penataan kue, sediakan meja khusus yang sudah dialasi dengan taplak meja rajut. Semua ornamen dan alat makan yang ada di meja makan akan mendukung suasana vintage. Mulai dari taplak rajut, toples bertutup bunga, teko burik bisa dijadikan vas bunga, hingga tempat lilin tembaga. Padukan dengan sajian kue modern, maka semakin lengkap perpaduan shabby chic yang sempurna. (SP/ SCI)

FOTO: ROOANG.COM