Sajian Buah Cantik Bentuk Cake

By nisa, Jumat, 19 Agustus 2016 | 17:00 WIB
Sajian Buah Cantik Bentuk Cake (nisa)

      SajianSedap.com – Mau menyajikan cake yang unik dari biasanya? Yuk, buat dan sajikan buah cantik dalam bentuk cake. Ikuti langkahnya berikut ini.      Bahan yang dibutuhkan tidak terlalu sulit. Cukup 1 buah semangka merah bulat berukuran besar, 1 buah semangka kuning bulat berukuran sedang, leci kaleng, nanas kaleng, anggur, kiwi dan melon.      Langkah pembuatannya seperti berikut ini:

  1. Ukur 9 cm bagian lebar tengah semangka merah dan potong ujung kanan dan kiri.
  2. Untuk renda tepi kue, kupas tipis kulit seluruh potongan bagian tengah semangka sampai putih. Cetak sekeliling tepi atas dengan ring berdiameter 5 cm, setengah lingkaran saja. Ukir setiap cetakan menyerupai bentuk renda.
  3. Kupas lagi sampai daging warna merah di bagian sekeliling bawah rendah di atas. Letakkan pada piring.
  4. Untuk cake tumpuk, ambil satu sisa dari ujung potongan semangka dan ukuran lebar 2,5 cm. Cetak dengan ring diameter 12 cm. Lakukan sama dengan semangka kuning sebanyak dua buah.
  5. Tumpuk ketiga daging semangka masing-masing berdiameter 12 cm di atas semangka besar dengan susunan kuning, merah dan kuning serupa seperti cake bersusun.
  6. Untuk bunga leci kaleng, ukir satu leci kaleng yang utuh dan tidak sobek menjadi 5 kelopak, buat satu lagi, tumpuk dan kencangkan dengan satu buah anggur yang dipotong jadi dua untuk bagian putik dan batang. Tusuk dengan tusuk gigi. Buat beberapa bunga dengan cara yang sama.
  7. Untuk bunga nanas kaleng, potong jadi dua irisan bulat dan potog salah satu bagiannya, kemudan bentuk seperti bunga mawar. Lakukan dengan sisa potongan nanas dan buat beberapa bunga lagi.
  8. Susun bunga leci dan nanas kaleng pada cake semangka bertumpuk dan hiasi sekeliling atasnya dengan potongan anggur dan bagian bawah dengan nanas kaleng yang lengkung seperti renda, yang sebelumnya sudah diiris melebar dan dipotong jadi dua.
  9. Tata irisan kiwi mengelilingi tumpukan atas cake dan beri pita dari melon dengan cara diserut menggunakan peeler.
  10. Cake semangka siap disajikan dengan cara dipotong seperti memotong cake sungguhan. (SCL/ SCI)

FOTO: SEDAP SAJI