Makanan Favorit Pahlawan Indonesia

By dedeayu, Selasa, 16 Agustus 2016 | 17:00 WIB
Makanan Favorit Pahlawan Indonesia (dedeayu)

       SajianSedap.com – Bukan hanya kita yang memiliki makanan favorit, para pahlawan yang gagah berani itu juga. Dan, di hari kemerdekaan ini, makanan favorit pahlawan Indonesia bisa Anda coba di rumah.

      Bukan semata karena rasanya yang lezat, terkadang ada alasan lain mengapa para pahlawan tersebut sangat menyukai makanan tertentu. Misalnya, alasan demi mengembalikan kesehatan. Di antara sekian banyak, makanan favorit pahlawan Indonesia, beberapa kini sudah langka.

Soekarno

      Presiden pertama Republik Indonesia ini memilih nasi jagung sebagai makanan pokok favoritnya. Selain lezat dan bergizi tinggi, nasi jagung juga menggambarkan kekuatan tani Indonesia. Sebagai lauknya, Soekarno ternyata menggemari lauk pauk sederhana seperti sayur lodeh, sayur asem, ikan asin, dan sambal cobek.Mohammad Hatta

      Semasa hidupnya, Mohammad Hatta menjalani gaya hidup sehat. Dibanding jenis makanan lainnya, Bung Hatta lebih suka sayur-sayuran.

      Masakan sayur favorit Bung Hatta adalah sambal goreng buncis, tumis kangkung, sayur bening bayam, dan semur tebu telor. Tapi, ada pula makanan dari daging yang Bung Hatta gemari, yaitu rendang daging.Jenderal Soedirman

 

      Pahlawan kemerdekaan Indonesia satu ini dulu keadaan tubuhnya kurang sehat. Namun, itu tidak menyurutkan semangat beliau untuk berjuang. Saat berjuang, Jenderal Soedirman tidak lepas dari obat-obatan untuk menunjang kesehatannya. Agar tubuhnya terasa lebih segar dan bugar, Jenderal Soedirman meminum teh tiyung, yaitu wedang daun jeruk dan gula pasir.Cut Nyak Dien

      Makanan favorit pahlawan perempuan berdarah Aceh ini adalah gulai eungkot kreuling. Gulai khas Aceh ini terbuat dari ikan kerling, ikan sungai yang hidup di Aceh.

      Seperti gulai khas Aceh lainnya, gulai eungkot kerling memiliki paduan rasa gurih, pedas, dan asam. Uniknya, rasa asam menyegarkan dari hidangan ini berasal dari dua jenis rempah, yaitu asam sunti dan belimbing wuluh. (DV/ dari berbagai sumber)

FOTO: HUONGBUI.DE