Suka Makan Sosis, Ketahui Tentang Sosis Berikut

By nisa, Rabu, 24 Agustus 2016 | 17:00 WIB
Suka Makan Sosis, Ketahui Tentang Sosis Berikut (nisa)

      SajianSedap.com – Sosis adalah panganan yang dibuat dari campuran daging giling, garam, rempah, dan tepung roti, kemudian dimasukkan ke dalam selongsong sosis. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa senang mengonsumsi sosis, karena rasanya yang sangat lezat. Tapi, jangan cuma menikmatinya saja, ketahui beberapa hal tentang sosis berikut ini.

  1. Sosis merupakan makanan olahan pertama yang dibuat dari daging, lemak, dan rempah.
  2. Berasal dari bahasa Latin, yakni ‘salsus’ yang berarti ‘asin’. 
  3. Di Asia dan Mediterania, sosis dibiarkan hingga untuk fermentasi, sehingga menghasilkan asam laktat yang akan menghambat pertumbuhan bakteri pembusuk.
  4. Nitrit, bahan kimia yang ditambahkan untuk mengawetkan sosis.
  5. Sayangnya, nitrit juga digabungkan dengan amina, produk yang dapat memecahkan protein, sehingga membentuk nitrosamin penyebab kanker.
  6. Di Berlin, Jerman terdapat sebuah Museum sosis, dimana seluruh ruangan di Museum ini berisi interior berbentuk sosis. 
  7. Pada tahun 2000, pernah dibuat sosis terpanjang dengan ukuran 59,14 km. Untuk menghabiskannya perlu waktu tiga hari, yakni pada tanggal 27 – 29 Oktober 2000. Sosis ini masuk ke dalam buku rekor Guinness Book of Records. Selain itu, ada sosis vegetarian dengan panjang 100 meter, dan sosis asap dengan panjang 482 meter.

      Ya, itulah 7 hal tentang sosis yang harus Anda ketahui. (SCI/ dari berbagai sumber)FOTO: TEMPLETUOHYFOODS.IE