Memasak Beras Hitam Jadi Nasi Pulen

By dedeayu, Kamis, 1 September 2016 | 17:00 WIB
Memasak Beras Hitam Jadi Nasi Pulen (dedeayu)

       SajianSedap.com – Memasak beras hitam memang beda caranya dengan memasak beras putih. Akan tetapi, caranya tidak terlalu sulit. Jika sudah bisa memasak beras hitam menjadi nasi yang pulen, pengalaman makan akan jadi lebih istimewa.

      Beras hitam memiliki rasa yang mirip kacang dan aroma yang lebih kuat. Sebenarnya, warna beras ini bukan benar-benar hitam, melainkan ungu gelap. Warna ungu gelap ini baru akan muncul setelah beras ini telah dimasak menjadi nasi.

      Untuk memasak beras hitam, dapat menggunakan rice cooker (alat penanak nasi) atau menggunakan panci di atas kompor. Jika hendak memasak dengan menggunakan rice cooker, berikut langkah-langkahnya:

1.    Cuci beras sampai airnya tidak berwarna ungu. Rendam selama satu jam. Buang airnya.2.    Letakkan beras dan air di wadah rice cooker dengan rasio 1:2 dalam ukuran liter atau cup.3.    Jika mode rice cooker memungkinkan, aturlah ke mode pemasakan nasi merah. Jika tidak, nyalakanlah rice cooker seperti biasa. Nasi akan matang selama 25-40 menit bergantung pada jumlahnya.4.    Setelah rice cooker berhenti memasak, diamkan dahulu nasi selama 10 menit.5.    Aduklah nasi menggunakan centong agar uapnya keluar. Nasi siap disajikan.

      Jika beras hitam dimasak menggunakan panci, maka nasi yang dihasilkan akan lebih berbutir-butir. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini, nasi akan tetap pulen.

1.    Cuci beras sampai airnya tidak berwarna ungu. Rendam selama satu jam. Buang airnya.2.    Letakkan beras dan air di panci dengan rasio 1:2 dalam ukuran liter atau cup.3.    Nyalakan kompor. Didihkan air dan beras tersebut, kemudian kecilkan apinya. Tutuplah panci. Masak di api kecil selama 25-30 menit atau hingga air benar-benar terserap ke nasi.4.    Matikan api. Diamkan nasi terlebih dahulu selama 15 menit.5.    Bukalah tutup panci dan aduk-aduk nasi menggunakan garpu. Nasi siap disajikan.

      Bagaimana, mudah bukan memasak beras hitam menjadi nasi yang enak? Selamat mencobanya di rumah, ya. Selain lebih enak, nasi hitam juga lebih sehat, lho, Sobat Sase! (DV/ dari berbagai sumber)

 FOTO: VEGGIEVERYMUCH.COM